Coba Lakuin Ini Yuk,8 Cara Menghilangkan Trauma yang Paling Efektif.

foto
Foto/Cara menghilangkan Trauma (www.bing.com)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Sebutulnya penyelamatan trauma itu tidaklah mudah untuk itu kita akan membahas mengenai trauma yang satu ini,semoga bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang yang kita sayangi.

Cara Menghilangkan Trauma yang Paling Efektif

  1. Amati Pengalaman dengan Baik. Cara menghilangkan trauma yang pertama adalah amati dengan baik pengalaman trauma yang sudah di lewati. Biarkan diri Anda menyadari pikiran, perasaan, dan pengalaman batin dengan lebih mendalam. Dengan catatan, Anda tidak perlu menggali lebih dalam kenapa hal ini bisa terjadi. Hal yang harus di lakukan adalah membiarkan diri lebih terbuka terhadap segala sesuatu yang datang kepada Anda. Mulailah dengan menghadapi apa yang tidak dapat Anda tolak. Cara ini membantu menyelami pengalaman sendiri, cobalah untuk menempatkan diri seolah-olah Anda adalah seorang pengamat. 
  2.  Bersikap Welas Asih Setelah mengamati pengalaman dengan pandangan seorang pengamat, cara menghilangkan trauma berikutnya adalah dengan menumbuhkan rasa empati atas apa yang Anda alami. Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa kasihan pada diri sendiri, akan tetapi ini adalah perspektif yang membuat Anda menerima keadaan secara menyeluruh. Sebagai contoh, ketika Anda mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan selama masa anak-anak dari orang tua, hal itu akan membuat Anda trauma, tapi ketika Anda tumbuh dewasa, perasaan negatif ini berubah menjadi ‘lebih baik’ karena Anda memiliki perspektif yang tidak sama dengan yang orang tua Anda lakukan dulu.
  3.  Mengambil Waktu Istirahat Langkah yang bisa di lakukan untuk trauma healing berikutnya adalah melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran diri dan tidak memaksakan diri untuk melakukan suatu hal dalam satu waktu. Ada banyak cara untuk menenangkan diri. Cobalah belajar fokus pernapasan dengan menghirup dan menghembuskan napas secara mendalam. Napas dalam atau fokus pada napas dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat Anda rileks. Fokuskan perhatian pada pernapasan atau pada bagian tubuh lain saat Anda bermeditasi. Cara ini bisa menjaga otak dari stres.
  4. Menuliskan Perasaan Menuliskan pengalaman traumatis yang pernah Anda alami dapat menjadi cara menghilangkan trauma yang efektif. Apabila Anda merasa sungkan untuk bercerita kepada orang lain, cobalah untuk menyalurkannya melalui tulisan. Meski awalnya hal ini membuat Anda tidak merasa nyaman, namun seiring berjalannya waktu, Anda akan lebih rileks dalam menuangkan perasaan lewat tulisan. Dengan menulis Anda bisa mengeksplorasi pikiran dan perasaan terdalam terkait hal-hal traumatis yang pernah dialami.
  5.  Tetap Jalankan Rutinitas Seperti Biasa Saat seseorang mengalami trauma, kehidupan sehari-harinya bisa terganggu. Agar hal ini tidak terjadi, trauma healing yang mudah di lakukan yaitu mencoba untuk tetap menjalankan rutinitas seperti biasa sesegera mungkin. Melakukan kembali rutinitas dapat membantu mendapatkan kembali kendali atas hidup Anda.
  6. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri Cara mengatasi trauma ini sering kali terlewatkan oleh mereka yang sedang di liputi rasa traumatis. Mengasihani diri sendiri secara terus-menerus justru bisa menyebabkan penyakit dalam diri. Jika Anda menerima apa yang terjadi, maka pemulihan diri dari trauma akan lebih mudah. 
  7.  Jangan Mengisolasi Diri Jika Anda memiliki kejadian traumatis, cara menghilangkan trauma yang bisa di lakukan adalah dengan menemui teman atau keluarga. Jangan berdiam diri saja di dalam kamar, bicarakan masalah yang Anda alami dengan orang terdekat, mungkin saja mereka memiliki perasaan yang sama. Buka jalur komunikasi dengan orang-orang terdekat sesegera mungkin setelah kejadian traumatis. Ini adalah bagian penting dari pemulihan kondisi mental yang Anda alami.
  8. Olahraga Beberapa pakar mengungkapkan bahwa cara menghilangkan trauma yang paling efektif beserta efek sampingnya adalah dengan olahraga. Peregangan ringan dan berjalan adalah pilihan yang tepat. Namun, jangan memaksakan untuk melakukan banyak gerakan. Jika Anda lelah, segera istirahat.
  9. Menghadapi Ketakutan Di butuhkan keberanian untuk terus maju dalam menghadapi rasa sakit dan ketakutan yang Anda alami. Cara menghilangkan trauma yang satu ini adalah cara yang tidak mudah bagi beberapa orang karena cara ini mengharuskan Anda mengingat kembali kejadian traumatis yang pernah dialami. Saat Anda mengingat kembali kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan tersebut, di saat bersamaan Anda juga berusaha untuk melawan rasa takut yang menyertainya. Cara mengatasi trauma ini dapat membantu mengendalikan apa yang dirasakan secara bertahap. Bayangkan bahwa Anda bisa menghadapinya dan melawan rasa takut tersebut. Sebagai contoh, jika Anda memiliki trauma melewati jembatan, cobalah untuk menyeberang di jembatan. Cara menghilangkan trauma ini tidak perlu di lakukan setiap hari, lakukanlah minimal dua kali dalam seminggu. Jika Anda sudah terbiasa menghadapi trauma, maka secara otomatis trauma akan hilang dengan perlahan. 

 

0 Komentar