Sudah Tidak Perlu Menulis Manual Lagi: Inilah Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Foto
Foto/Membuat daftar pustaka word (eraspace.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kamu sedang mengerjakan tesis atau karya ilmiah lainnya? Semangat! Meskipun fase ini mungkin sulit untuk di lewati, saya yakin kamu dapat melakukannya. Kamu harus tahu beberapa trik untuk menggunakan Microsoft Word sebagai alat menulis agar proses pengerjaan lebih mudah. Salah satu metode yang sangat mudah untuk membuat daftar pustaka di Word adalah salah satunya.

Hack ini mempersingkat waktu pengerjaan. Daftar pustaka dapat di buat dalam satu klik tanpa perlu mengetik satu per satu atau mengingat format penulisan. Jadi, bagaimana cara membuat daftar pustaka di Word secara otomatis? Baca langkah-langkah dan apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikannya dengan cepat.

1. Cara otomatis membuat daftar pustaka di Word tanpa menggunakan aplikasi tambahan

Salah satu struktur penting dari karya tulis adalah daftar pustaka. Halaman ini berisi referensi untuk menegaskan kredibilitas karyamu dan memberikan rujukan tambahan bagi pembaca.

Baca Juga:Bisa Juga Buat Nonton Bola, lho: Inilah 2 Cara untuk Menonton TV di HP Tanpa Aplikasi dan GratisBodinya Kecil dan Ringan: Inilah 7 Daftar Laptop Acer Terbaik BerhargaRp5 Jutaan 2024 dengan Fitur yang Menari

Sebelum kamu dapat membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word, kamu harus memasukkan identitas rujukan kamu ke dalam program. Ini adalah caranya: 

  • Untuk melihat daftar pustaka, buka dokumen. Kamu dapat mengedit dokumen yang sudah lengkap atau membuat dokumen baru.
  • Di menu bar atas, buka ‘Referensi’ atau ‘Reference’
  • Pada grup menu ‘Citations & Bibliography’ pilih ‘Manage Sources’
  • Kamu akan di arahkan pada jendela baru tempat input sumber. Klik ‘New’
  • Sebuah jendela yang di sebut “Create Source” akan terbuka. Di sini, kamu harus memasukkan semua informasi sumber yang kamu gunakan. Ini termasuk jenis sumber (seperti buku, jurnal, website, atau lainnya), nama pengarang, tahun terbit, dan sebagainya. Sesuaikan data dengan referensi yang kamu gunakan.
  • Di bagian kanan atas, ubah bahasa menjadi Indonesia.
  • Klik ‘OK’ untuk menyimpannya
  • Ulangi langkah 3 hingga 8 untuk memasukkan lebih dari satu rujukan. Microsoft Word akan menyimpannya sebelum nanti di buat daftar pustakanya.

Setelah memasukkan semua referensi, langkah berikutnya adalah membuat daftar pustaka otomatis tanpa mengetik ulang. Ada dua cara untuk membuat daftar pustaka di Word:

  • Letakkan kursor di halaman mana daftar pustaka akan di masukkan, biasanya halaman terakhir.
  • Pada menu bar atas, buka menu ‘References’ atau ‘Referensi’.
  • Di grup menu ‘Citations & Bibliography’, pilih ‘Bibliography’ 
  • Sesuaikan daftar pustaka kamu dengan style seperti APA, Chicago, dan sebagainya.
  • Saat menu dropdown muncul, gulir ke bawah dan cari “Masukkan Bibliography”.

Microsoft Word akan membuat daftar pustaka secara otomatis dari kumpulan referensi yang telah di masukkan. Kamu juga dapat menemukan style daftar pustaka sesuai dengan pilihan kamu atau urutan abjad.    

Untuk menambah referensi, ulangi proses input identitas rujukan. Selanjutnya, klik “Perbarui Kutipan dan Bibliografi” di bagian atas kotak biru yang mengelilingi daftar pustaka kamu. Ini akan berada di bagian opsi “Bibliografi”. Microsoft Word akan memperbarui daftar pustaka berdasarkan nama rujukan yang telah kamu tambahkan.

2. Cara menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka di Word

Jika referensi yang di gunakan tidak terlalu banyak, memasukkan identitas rujukan secara manual mungkin tidak masalah. Namun, bagaimana jika jumlah referensi mencapai puluhan atau bahkan ratusan? Itu pasti akan membutuhkan waktu yang lama, bukan? Tidak ada lagi kemungkinan identitas duplikat atau salah ketik. Solusinya adalah plug-in Mendeley.

Mendeley adalah program komputer dan web yang di rancang untuk mengelola dan berbagi karya tulis secara online. Program Elsevier ini dapat menemukan rujukan kamu dan mengidentifikasinya.

Untuk menggunakan Mendeley, kamu harus mengunduh dan memasangnya di laptop kamu dan menghubungkannya dengan Microsoft Word sebagai plug-in. Setelah terpasang, lakukan langkah berikut:

Baca Juga:Merek Lokal Juga Ada: Inilah 7 Rekomendasi Merek Setrika yang Awet dan Berkualitas Tinggi!Menghemat Listrik dan Memiliki Banyak Fitur: Inilah 7 Merek Microwave Watt Rendah Terbaik di 2024 dan Harganya

  • Buka aplikasi Mendeley.
  • Input jurnal, buku, atau file apapun yang ingin kamu masukkan dalam daftar pustaka. Caranya, di bagian kiri atas klik + > pilih File. Jika ingin memasukkan lebih dari satu file yang ada pada satu folder, kamu juga bisa meng-input dalam bentuk folder.
  • Setelah kamu memasukkan semua rujukan kamu ke Mendeley, buka Microsoft Word.
  • Pilih gaya penulisan untuk daftar buku, seperti APA, Chicago, dll.
  • Untuk memasukkan semua rujukan yang telah kamu masukkan sebelumnya di Mendeley, klik “Masukkan Bibliography.” Selesai.

Mendeley akan menyesuaikan bentuk daftar pustaka sesuai dengan style yang kamu pilih, lengkap dengan urutannya sesuai abjad. Itu bagus, bukan? Tidak perlu membolak-balik nama seperti saat menulisnya secara manual. Selain itu, identitas rujukan tidak perlu di masukkan karena Mendeley akan mengenalinya secara otomatis.

Kamu tidak perlu menulis daftar pustaka secara manual besok-besok setelah membaca artikel tentang cara menggunakan Word untuk melakukannya.Selain itu, kamu memiliki kemampuan untuk mengembangkan gaya baru yang sesuai dengan peraturan universitas atau penerbit jurnal yang akan datang. Itu praktis, bukan?

0 Komentar