Sedekah Bumi Desa Astanamukti – Video

Sedekah Bumi Desa Astanamukti
0 Komentar

Pemerintah Desa Astanamukti, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, menggelar ritual Sedekah Bumi dengan mengarak hasil pertanian keliling desa. Setelah diarak, masyarakat antusias berebut hasil bumi yang diyakini membawa keberkahan.

Ratusan masyarakat langsung menyemut gunungan Sedekah Bumi setelah diarak keliling desa pada Minggu siang. Kegiatan ini merupakan ritual tradisi Sedekah Bumi yang diselenggarakan oleh pemerintah desa setempat. Gunungan Sedekah Bumi berisi hasil pertanian masyarakat desa, seperti gabah, sayur-sayuran, buah-buahan, bahkan uang yang digantung untuk meramaikan acara Sedekah Bumi. Sejumlah masyarakat yang berebut hasil Sedekah Bumi meyakini bahwa mereka akan mendapat berkah, dan rencananya hasil tersebut akan langsung dimasak setelah sampai di rumah.

Menurut Sekretaris Desa Astanamukti, Samsudin, kegiatan Sedekah Bumi ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas melimpahnya hasil bumi. Sedekah Bumi ini sudah lama tidak pernah digelar dan baru tahun ini dilaksanakan di masa kepemimpinan kuwu Durohman. Sebelum diarak, dilakukan doa bersama. Selain arak-arakan, rangkaian Sedekah Bumi Desa Astanamukti juga diisi dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Seluruh kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional yang semakin tergerus zaman.

0 Komentar