Konsumsi 5 Makanan Untuk Memenuhi Gizi Seimbang Pada Anak Anak Sampai Orang Dewasa.

Foto
Foto/Gizi Seimbang (www.tanotofoundation.org)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Usia remaja merupakan masa di mana perkembangan fisik dan psikis tubuh cenderung berubah dengan sangat cepat.

Secara tidak langsung, hal tersebut tentu menuntut tercukupinya asupan nutrisi anak remaja guna mendukung masa puber.

Supaya bisa terpenuhi dengan optimal, mari simak panduan untuk memenuhi gizi seimbang pada anak remaja.

Apa saja yang harus di perhatikan guna memenuhi gizi remaja?

Baca Juga:Sebagai Pengganti Anti Oksidan Ini Dia Manfaat flavonoid Untuk Kesehatan.Buah dengan Nama latin Ziziphus Ini Memiliki Banyak Manfaat untuk kesehatan.

Mengutip dari IDAI, pemberian nutrisi dari sumber makanan serta gizi pada masa remaja bertujuan untuk:

  1. Memaksimalkan pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, serta organ reproduksi remaja.
  2. Memberikan cukup cadangan zat gizi dalam tubuh agar tak mudah sakit.
  3. Mencegah serangan berbagai penyakit yang bisa di sebabkan oleh makanan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, osteoporosis dan kanker.
  4. Mendorong agar anak mau menerapkan kebiasaan makan dan gaya hidup sehat.Oleh karena sedang menjalani perkembangan fisik, psikologis, serta pubertas, pemenuhan gizi seimbang pada remaja merupakan hal yang harus di lakukan.

Hal ini karena ketika remaja mengalami kekurangan berbagai zat gizi tertentu, bisa menimbulkan dampak buruk bahkan sampai ia beranjak dewasa.

Banyak perubahan yang terjadi di masa remaja, entah itu dari segi fisik maupun psikis. Perkembangan massa tulang, lemak tubuh, tinggi badan, berat badan, hingga organ reproduksi remaja tampak sangat pesat.

Itulah mengapa kebutuhan energi dan zat gizi pada remaja secara keseluruhan, biasanya akan lebih tinggi ketimbang anak-anak guna mendukung tumbuh kembangnya di masa ini.

Bahkan, total kebutuhan gizi kelompok remaja bisa di katakan paling tinggi ketimbang kelompok usia lainnya.

Pastikan anak remaja mendapatkan aneka zat gizi makro dan mikro dari sumber makanan, seperti:

1.Karbohidrat

Semua karbohidrat pada dasarnya baik untuk dijadikan menu harian anak remaja. Namun sebelumnya, Anda bisa mengenali dua kelompok karbohidrat berdasarkan struktur gula di dalamnya.

2. Protein

Baca Juga:Telur Asin Menurut Para Ahli Sains Mulai dari Proses Pembakaran Hingga Kandungan Gizi.Penyakit jantung Banyak Disebabkan Oleh Tingkat Kematangan Daging Sebesar 30 %.

Protein merupakan zat gizi lainnya yang di perlukan di dalam tubuh remaja. Fungsi protein yakni sebagai penyusun sel dan jaringan tubuh, sekaligus memperbaikinya jika terdapat kerusakan.

2.1.Protein hewaniBerikan anak makanan seperti ikan, telur, susu dan produk olahannya, daging merah, daging ayam, guna mencukupi kebutuhan gizi proteinnya.

2.2.Protein nabatiSumber makanan dengan kandungan protein nabati bisa didapatkan anak dari gandum, oat, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan oncom.

3. Lemak

Lemak tidak sepenuhnya harus di hindari. Dalam jenis dan jumlah yang sehat, lemak merupakan zat gizi makro yang berperan sebagai sumber energi untuk remaja.

Seperti lemak baik yang pada umumnya terdapat dalam jenis lemak tidak jenuh. Berikut beberapa jenis makanan yang tergolong sebagai lemak baik:

3.1.Alpukat3.2.Minyak zaitun3.3.Kacang-kacangan3.4.Telur3.5.Ikan salmon

4. Serat

Serat merupakan zat gizi makro yang sama pentingnya seperti karbohidrat, lemak, dan protein pada remaja.

Dengan kata lain, ada bahaya yang bisa terjadi apabila remaja kurang asupan serat.

Berbagai jenis buah dan sayur yang mempunyai kandungan serat seperti wortel, brokoli, alpukat, apel, jeruk, serta kacang merah dan ubi mengandung serat larut air.

5. Vitamin

Kebutuhan vitamin sebagai gizi pada masa remaja tentu akan meningkat untuk menunjang proses tumbuh kembangnya.

Jadi, pastikan ia tidak kekurangan berbagai vitamin dari makanan dan minuman harian. Berikut beberapa jenis vitamin yang di butuhkan remaja, seperti:

5.1.Vitamin B1, B2, B9, dan B125.2.Vitamin C5.3.Vitamin A5.4.Vitamin D5.5.Vitamin E5.6.Vitamin K

Itu dia beberapa cara untuk memenuhi gizi yang seimbang pada tubuh kita dengan mengonsumsi makanan yang menadung beberapa hal yang sudah di jelaskan di atas.

0 Komentar