Indonesia Punya Macam-macam Rujak yang Menggiurkan, Ada Apa Saja?

rujak
Ilustrasi Rujak Indonesia (Istimewa)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Indonesia mempunyai wisata alam yang mempesona dan telah dikenal banyak wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Namun selain wisata alamnya, Indonesia juga dikenal dengan ragam kulinernya.

Dari berbagai wilayah di Indonesia, bisa ditemukan berbagai suguhan kuliner dengan cita rasa yang berbeda. Ada salah satu jenis kuliner di Indonesia yang telah terkenal dan banyak digandrungi, terutama bagi masyarakat Indonesia.

Kuliner yang dimaksud yakni rujak. Rujak biasanya dikenal memiliki isian berupa irisan buah-buahan maupun sayuran. Namun rupanya, di Indonesia ada berbagai macam rujak yang tak hanya dibuat dari buah-buahan saja. Berikut, macam-macam rujak yang dimaksud.

Baca Juga:Harga Emas Antam 23 Mei 2024 Kembali Menurun, Intip Update Harga Terbaru Hari IniRaih Rekor MURI, Motor Polytron Fox-R Membuktikan Ketangguhannya dalam Menempuh Perjalanan Jarak Jauh

1. Rujak Cingur

Panganan khas Surabaya ini, menjadi salah satu rujak yang sudah terkenal. Terbuat dari  lidah sapi yang direbus dengan suhu tinggi dengan tambahan dari buah dan sayur seperti mentimun, bengkoang, tauge, kangkung dan disiram dengan saus kacang yang gurih.

2. Rujak Petis

Masih dari daerah Jawa Timur, rujak petis merupakan rujak yang terdiri dari potongan buah-buahan dan sayuran yang disiram dengan kuah petis yang bertabur kacang. Sedikit informasi tambahan, petis dalam bahasa Jawa yakni terasi.

3. Rujak Gobet

Malang juga punya jagoannya yakni rujak gobet. Rujak khas dari Malang ini, dibuat dari bermacam-macam buah-buahan seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali. Buah-buahan tersebut diparut dan direndam dalam kuah pedas, manis, dan gurih.

4. Rujak Soto

Berbeda dengan rujak sebelumnya, rujak soto disajikan dengan menggunakan kuah soto yang gurih. Namun isian dari rujak soto khas Bayuwangi ini, menggunakan sayuran rebus dari kangkung dan tauge lalu dicampur dengan kuah yang terbuat dari kacang tanah halus, gula merah, dan terasi. Ada sedikit kemiripan dengan rujak cingur, karena rujak soto bisa menggunakan cingur sebagai isiannya.

5. Rujak Kuah Pindang

Seperti rujak pada umumnya yang menggunakan buah-buahan, rujak khas Bali ini menggunakan berbagai macam buah seperti mangga hijau, pepaya, jeruk bali, dan kedondong. Namun sesuai namanya, rujak kuah pindang menggunakan kuah kepala ikan pindang yang menghasilkan rasa manis, gurih, dan pedas.

6. Rujak Bulung

Bali juga mempunyai rujak lainnya yakni rujak bulung yang terbuat dari rumput laut hijau yang direbus lalu dicampur dengan kelapa parut. Lalu diberi kuah pindang yang dibumbui dengan terasi, jeruk nipis, cabai dan garam. 

7. Rujak Juhi

Rujak khas Betawi bernama rujak juhi atau cumi-cumi dibuat dengan melewati proses fermentasi dan dikeringkan. Kemudian, ditambahkan juga dengan bahan lainnya seperti kol, kentang, selada, timun, dan kerupuk mie. Tak lupa disiram dengan saus kacang diatasnya.

Baca Juga:Kaya Nutrisi, Inilah Khasiat dari Mengonsumsi Buah SemangkaJangan Sampai Salah Beli, Inilah Ciri Semangka yang Manis

8. Rujak Es Krim

Sajian rujak di Yogyakarta ini, cukup untuk melepas dahaga ketika cuaca sedang panas. Dibuat dengan menggunakan potongan buah seperti timun, kedondong, nanas, bengkoang, dan pepaya yang disiram menggunakan bumbu rujak lalu diberi es krim rasa kelapa diatasnya.

Selain yang telah disebutkan, ada juga sajian rujak lainnya seperti rujak U Groh dari Aceh yang terbuat dari irisan buah dan batok kelapa. Lalu ada rujak mie Palembang yang terbuat dari mie kuning atau mie putih dan dipadukan dengan pempek serta kuah cuko. Kemudian ada juga rujak terasi Lombok, berupa irisan buah yang disajikan dengan kuah terasi gula merah.

0 Komentar