Fakta yang Harus Diketahui – Inilah Bahaya Kafein pada Penderita Diabetes

bahaya kafein
bahaya kafein/www.alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kafein adalah salah satu komponen yang ditemukan dalam kopi dan teh. Banyak orang mengonsumsi kafein karena dapat merangsang otak, meningkatkan fokus, dan memudahkan konsentrasi. Selain itu, kafein juga sering dikonsumsi untuk mengatasi kelelahan dan rasa kantuk.

Namun, bagi mereka yang menderita penyakit tertentu, seperti diabetes tipe 2, konsumsi kafein yang berlebihan mungkin tidak disarankan karena potensi efek samping yang bisa terjadi.

Dampak Positif dan Negatif Kafein bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari konsumsi kafein bagi penderita diabetes tipe 2:

Baca Juga:Sedang Ngetrend di Media Sosial ! Ini Dia Pengertian FOMO dan Dampak NegatifnyaKenali Sejak Dini ! Inilah Penyebab Perut Sebelah Kanan yang terasa Nyeri

Dampak Negatif Kafein bagi Penderita Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini disebabkan oleh efek kafein yang dapat mengganggu fungsi hormon insulin, membuat penderita diabetes lebih sulit mengontrol kadar gula darah mereka. Jika penderita diabetes terus mengonsumsi kafein, hal ini dapat menyebabkan gula darah semakin sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan ginjal

 Meski demikian, risiko kafein bagi penderita diabetes ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dampak Positif Kafein bagi Penderita Diabetes

Sebaliknya, minuman berkafein seperti kopi dan teh juga mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan bermanfaat bagi penderita diabetes. Polifenol diketahui dapat mengurangi risiko diabetes pada orang sehat dan membantu mencegah peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Antioksidan ini juga membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun efek kafein pada penderita diabetes masih kontroversial, jika Anda memiliki diabetes dan suka mengonsumsi kafein, cobalah untuk membatasinya. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2 cangkir kopi per hari dan tidak lebih dari 3 cangkir teh per hari. Selain itu, hindari penggunaan gula berlebihan dalam minuman tersebut.

Jika Anda masih ragu atau khawatir tentang dampak kafein pada diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Selain membatasi asupan kafein, pastikan untuk rutin berolahraga, menjalani pola makan sehat, dan mengonsumsi obat antidiabetes sesuai anjuran dokter untuk mengontrol penyakit diabetes Anda.

0 Komentar