Kenali Sejak Dini ! Inilah Penyebab Perut Sebelah Kanan yang terasa Nyeri

perut sebelah kanan
perut sebelah kanan /www.alodokter.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Perasaan mengganjal dan nyeri di perut sebelah kanan yang terjadi dalam 1-2 hari biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika keluhan ini berlangsung lebih dari 6 bulan dan semakin sering terjadi, mungkin menandakan adanya kondisi serius.

Berikut adalah beberapa penyebab perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri:

1. Otot Perut Tegang

Mengangkat benda berat terlalu sering dapat membuat otot-otot di sekitar perut, termasuk sebelah kanan, menjadi tegang. Ketegangan ini bisa menyebabkan rasa mengganjal dan nyeri yang hilang timbul. Umumnya, kondisi ini bisa mereda dengan istirahat dan latihan peregangan yang rutin.

Baca Juga:Mengapa Hepatitis Akut Berbahaya? Temukan Alasannnya DisiniJangan Dianggap Sepele – Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Saluran kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, bisa terkena infeksi, termasuk di sisi kanan. Infeksi ini dapat menyebabkan perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri, sering disertai sensasi terbakar saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, serta urin yang keruh, berbau busuk, atau berdarah. Pengobatan ISK biasanya melibatkan antibiotik jika disebabkan oleh bakteri.

3. Hernia

Hernia umbilikalis dapat menyebabkan perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri, serta penonjolan yang muncul dan hilang, terutama saat batuk, menangis, mengangkat benda, atau mengejan. Hernia yang tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi seperti jaringan yang terjepit dan mati, sehingga perlu mendapatkan perhatian medis.

4. Radang Usus Buntu

Apendisitis atau radang usus buntu bisa menyebabkan nyeri di perut kanan bawah, sering disertai demam, mual atau muntah, dan nyeri tekan. Diagnosis biasanya melibatkan pemeriksaan laboratorium untuk melihat peningkatan sel darah putih. Apendisitis akut memerlukan penanganan segera untuk mencegah komplikasi serius seperti peritonitis.

5. Radang Panggul

Radang panggul bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri di perut sebelah kanan. Selain itu, gejala lain mungkin termasuk keputihan berbau tidak sedap, nyeri saat berhubungan seks, dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

0 Komentar