Peran Arsip Dari Masa Ke Masa

Peran Arsip Dari Masa Ke Masa
0 Komentar

Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah atau Dispusipda menjadi satu lembaga pemerintah kota Cirebon yang memiliki tugas khusus tentang literasi hingga penyimpanan arsip negara dari masa ke masa.

Dari tahun ke tahun penyimpanan arsip yang dilakukan di depo arsip ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Penyimpanan semakin rapih karena setiap dokumen setiap dinas diberikan satu tempat baik dokumen keuangan hingga program kerja yang sudah dilakukan dari masa ke masa.

Tidak hanya itu, depo arsip juga menyimpan dokumen kuno yang ada sejak zaman belanda disimpan dengan lemari khusus agar kondisi kertas tidak diserang rayap maupun basah akibat ruangan panas. Dari sekian banyaknya dokumen yang ada, terdapat peta infrastruktur kota Cirebon yakni persoalan drainase yang saat itu dibangun oleh pemerintahan belanda.

Baca Juga:Ratusan Sopir Angkot Tolak Transportasi OnlineBlanko Ktp Elektronik Tersisa Tujuh Ribu Keping

Penglela depo arsip mengatakan agar dokumen ini tetap aman, petugas arsiparis memiliki kode tertentu agar tidak semua orang lain dapat mengetahiu posisi dokumen penting yang disimpan, kode itu pun untuk memudahkan saat pencarian yang dilakukan oleh arsiparis.

Ia juga mengatakan bahwa perubahan pengelolaan arsip saat ini semakin rapih sejak dua tahun terakhir. Hal ini dilakukan agar dokumen kuno dan penting yang ada tetap selamat dan terjaga sebagai peradaban suatu daerah. (Aming)

0 Komentar