.

Lagi Sedih, Bisa Berkunjung ke Balong Gede yang Diyakini Bisa Obati Kesedihan

CIREBON – Benyak tempat yang dikramatkan oleh mayarakat dan dianggap memiliki khasiat tertentu, mulai dari memudahkan rejeki, enteng jodoh, mengobati penyakit, hingga memberikan kebahagian bagi yang seding sedih.

Salah satu tempat yang dianggap memiliki khasiat adalah Balong Gede yang berada di Desa Cipinang, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon ini, lokasinya tidak sulit untuk dijangkau.

Berada di sisi jalan penghubung antar desa, kolam yang pinggirnya sudah ditembok batu ini, bisa dijadikan objek untuk penggemar swafoto.

Lokasi Balang Gede sendiri terletak di perbukitan, air yang terdapat di Balong Gede Cipinang diyakini bisa mengobati kesedihan yang menimpa seseorang.

Kemujaraban air Balong Gede Cipinang yang banyak dirasakan warga terutama yang tertimpa kesedihan, sudah menyebar ke berbagai daerah.

Keberadaan Balong Gede tidak lepas dari asal usul Desa Cipinang. Nama ‘Ci’yang berasal dari air dan ‘Pinang’ dari pohon pinang, menjadi sejarah berdirinya Desa Cipinang.

“Zaman dahulu, balong tersebut dikeliling pohon pinang, makanya disebut Cipinang,” ujar Oding Masdidi, salah seorang aparat Desa Cipinang.

Pria yang menjabat sebagai juru tulis ini menuturkan, banyak warga terutama dari luar desa datang untuk minta kesembuhan melalui air yang terdapat di Balong Gede.

Mereka yang datang kebanyakan yang sedang ditimpa kesedihan, seperti suami ditinggal istri atau sebaliknya, atau juga orang yang mengalami depresi.

“Supaya mereka lupa, makanya dibawa ke sini, mereka numpang mandi,” beber Oding.

Lebih jauh, Oding kurang setuju jika lokasi yang dikeramatkan di desanya itu, disebut bisa menyembuhkan.

Dirinya berpesan kepada orang-orang yang datang, untuk tetap meminta kesembuhan dengan cara berdoa kepada sang pencipta.

“Itu hanya syariat saja, karena segala sesuatu kita harus meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT,” katanya.

Balong yang sekarang sudah ditata rapih ini, di sekitarnya terdapat pohon-pohon besar yang berfungsi sebagai penyimpan sumber mata air.

Debit air yang lumayan besar, sebagian dimanfaatkan untuk mengairi sawah milik warga.

Untuk kebutuhan air bersih, di lokasi yang sama terdapat Sumur Dalam yang dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

“Ke depan akan kita jadikan tempat wisata,” janji Oding.

Dirinya bersama pemerintahan desa setempat, sedang mencari investor untuk diajak mengembangkan Balong Gede menjadi tempat wisata. (brd)

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More

× Hubungi Marketing