.

Apa Itu Program Kampus Mengajar

Kampus Mengajar
Kampus Mengajar

RADARCIREBON.TV – Program kampus mengajar merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari progam merdeka belajar kampus merdeka, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui kegiatan di luar kampus.

Sasaran dari program kampus mengajar yaitu dari seluruh perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek yang akan di tempatkan di sekolah sasaran progam diseluruh Indonesia dalam upaya membantu peningkatanm literasi dan tingkat dasar pendidikan.

Tugas dari kegiatan program kampus mengajar tidak menjadikannya mahasiswa sebagai guru di kelas melainkan untuk berkolaborasi dengan bapak atau ibu guru dalam membantu proses peningkatan literasi serta penggunaan teknologi di sekolah yang ditempatkan. Selama mahasiswa megikuti kegiatan ini, mahasiswa akan dilakukan rekognisi atau pengakuan hasil sebesar 20 satuan kredit semester, dan lebih seru nya mahasiswa yang terlibat kampus mengajar mendapatkan biayaya bulanan senilai 1,2 juta.

Baca Juga: Mengenal Kampus Mengajar dan Keuntungannya

Program kampus mengajar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini diperuntukan oleh mahasiswa yang semester 5 keatas di perguruan tinggi negeri dan swasta dan disarankan memiliki ipk minimal 3 keatas dan mempunyai pengalaman organisasi.

Dengan dukungan LPDP dan kementrian keuangan progam kampus mengajar kini menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran siswa di masa-masa ini. Program kampus mengajar ini juga berbeda dengan progam kkn yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.

Program ini menjadi aspek strategis bagi kampus menhgajar untuk mendu8kung kemajuan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa yang mengikuti progam kampus mengajar adalah sebuah tantangan dan pengalaman yang sangat beharga ya kawan. Dengan adanya peran kampus mengajar mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi siswa seperti inovai, untuk menambah minat belajar, mahasiswa juga bisa melakukan perubahan yang proktif dalam membimbing.

Baca Juga: SIMAK DENGAN SEKSAMA, Berikut Ini Cara Mendaftar Beasiswa LPDP tahun 2023

Manfaat kampus mengajar bagi mahasiswa:
– Kesempatan menjadi agen perubahan untuk pendidikan Indonesia
– Mendapatkan konversi 20 sks
– Mendapatkan sertifikat kepersetaan progam kampus mengajar
– Mendapatkan bantuan biaya hidup bulanan senilai 1.200.000

Bagi perguruan tinggi dan dosen:
– Mendukung vperguruan tinggi mencapai IKU 2 mahasiswa mendapat pengalaman diluar kampus
– Memberi kontribusi nyata bagi penyelesaian permasalahan pendidikan
– Memberikan kesempatan kepada dosen lintas prodi untuk berkolaborasi dengan mahasiswa.
– Memberikan ruang pengabdian, penerapan berbagai kajian, inovasi.

Yukk, jadi agen perubahan dalam pendidikan indonesia melalui progam kampus mengajar. Progam kampus mengajar sangat terbuka bagi semua mahasiswa yang ingin belajar dengan cara yang berbeda teman dan inovatif.

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More