Catatan Sejarah dan Mitos yang Beredar Seputar Area Tanjakan Jahim

Sejarah dan Mitos Area Tanjakan Jahim
Sejarah dan Mitos Area Tanjakan Jahim
0 Komentar

Sejarah dan Mitos Area Tanjakan Jahim
Catatan Sejarah dan Mitos yang Beredar Seputar Area Tanjakan Jahim

RadarMajalengka.com – Tanjakan Jahim merupakan jalan jembatan yang menghubungkan antara Kabupaten Majalengka dengan Ciamis. Lokasi lebih tepatnya berada di jalan Cikijing-Panjalu, Cibeureum, Sukamantri, kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Nama jahim sendiri di ambil dari nama “neraka Jahanam”. Dan menurut beberapa kabar yang beredar tanjakan jahim ini memiliki cerita yang berkaitan dengan mistis. Salah satu cerita yang beredar di kalangan masyarakat yakni pada zaman dahulu tanjakan jahim merupakan tempat berkumpulnya para pelaku begal dan juga bajing loncat.

Para pelaku ini sering sekali menggangu masyarakat yang melintas di kawasan tanjakan jahim. Tak segan-segan mereka sering sekali mengincar sampai dengan merampas barang bawaan milik para pelintas di tanjakan jahim.
Bahkan jika para pelintas tersebut menolak untuk memberikan barang bawaan mereka. Para bajing loncat dan para begal ini melukai dan membunuh para pelintas yang menolak memberikan barang barangnya.

Baca Juga:Minyak Bersubdisi Menghilang di PasaranTimpora Tangkap WNA Asal Malaysia Karena Overstay

Cerita Lain dari Tanjakan Jahim

Cerita lain yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Yaitu konon katanya pada saat masa pasca kemerdekaan sekitar tahun 1960 – 1980 an. Pada masa itu terdapat organisasi yang bernama petrus (penembak misterius). Yang bertugas untuk menghakimi para pelaku tindak kriminal dan kejahatan, seperti bajing loncat dan para begal.

Para organisasi petrus tersebut menjadikan tanjakan jahim sebagai tempat pembuangan mayat setelah melakukan pengeksekusian. Cerita kelam ini, di perkuat oleh mitos yang beredar bahwa para masyarakat yang melintasi tanjakan jahim sering sekali melihat bangsa lelembut yang menampakan diri pada malam hari.

Selain itu juga banyak kabar yang beredar bahwa terdapat bangsa jin dan siluman yang kerap menampakan diri di sekitar tanjakan jahim. Terlepas dari sejarah dan mitos yang beredar, jalan yang sudah dikombinasikan dengan beton dan aspal ini menjadi salah satu kawasan favorit, terkhusus pada masa mudik dan lebaran.

Tak jauh dari lokasi tanjakan jahim. Terdapat situs-situs yang bisa dikunjungi seperti Curug Cekong dan situs budaya batu panjang. Lokasi berjarak sekitar 200 meter dari tanjakan jahim atau lebih tepatnya berada di lereng Gunung Medati, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

Itulah beberapa cerita beredar di kalangan mayarakat mengenai sejarah dan juga mitos dari tanjakan jahim.(maulana)

0 Komentar