Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz dan Terjemahan.

sholat dhua
ilustrasi sholat dhuha
0 Komentar

ilustrasi sholat dhuha
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz dan Terjemahan.

RADARCIREBON.TVSholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah di dalam islam. Sholat ini dilaksanakan 2 rakaat hingga 12 rakaat di pagi hari dalam rentang waktu 07.00 hingga 11.00. Pada rakaat terakhir rosul menyarankan untuk tidak langsung pergi, tetapi dianjurkan ntuk duduk tenang sambil berdzikir juga melafalkan Doa Setelah Sholat Dhuha.

Rosul berpesan kepada umatnya barangsiapa yang menunaikan shalat dhuha di pagi hari sebelum memulai aktivitas hariannya, maka sama halnya membuka pintu dunia dengan mengharap ridho Allah SWT. Kelak Allah akan melimpahkan beribu kenikmatan dan kesejahteraan hidupnya serta diberikan keberkahan untuk mendapatkan kesuksesan di dunia juga akherat.

Mengutip NU Online, setelah mengerjakan salat dhuha sebaiknya duduk sejenak untuk berzikir dan berdoa.

Baca Juga:SIMAK, Bacaan Doa Setelah Wudhu, Lafadz dan Terjemahan.Ketua Kwarda Pramuka Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil Kukuhkan Marwan dan Ade Suryaman

Di tahap ini ada banyak kalimat-kalimat zikir yang pernah dibaca Nabi sambil mengusap wajahnya. Salah satu bacaannya dalam kitab Al-Adzkar karya An-Nawawi.

  1. Pertama membaca istigfar tiga kali

اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِ ىْ لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tidak ada Tuhan selain Dia, yang senantiasa hidup lagi yang mengurus segala sesuatu sendiri dan aku bertaubat kepadanya.” (HR.Abu Daud dan at-Tirmidzi dari Bilal).

  1. Kedua membaca doa zikir

اللّٰهُ اَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَاذَ الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah as-salam (yang mempunyai kesejahteraan) dan dari-Mu pula kesejahteraan. Maha berbahagia Engkau Wahai Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Setelah berzikir, lanjut membaca doa setelah salat dhuha yang bisa Anda lafalkan di bagian akhir.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan adalah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu.”

Baca Juga:Ibu Negara Apresiasi Pemprov Jabar, Atalia Ridwan Kamil Kampanyekan Tanam Pohon BuahTipe Kamar Glamping Ciremai Land  Membuat Pengunjung Berasa di Villa Mewah

“Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah. Dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

demikianlah Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz dan Terjemahan yang bisa kita amalkan setiap hari

(Aulikha Fiony)

 

0 Komentar