Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya
0 Komentar

Seorang pelukis dikenal melalui karya lukisannya. Salah satu contohnya adalah Leonardo Da Vinci yang dikenal karena lukisan Monalisa dan The Last Suppernya. Lukisan hasil karyanya ini bahkan masuk kedalam daftar lukisan paling terkenal di dunia.

Tidak hanya Leonardo da Vinci dengan Monalisanya yang saja terkenal, masih banyak lukisan karya pelukis lainnya yang dilukis dengan gaya serta alirannya masing masing yang masuk kedalam daftar ini.

10 Daftar Lukisan paling Terkenal di Dunia :

1. Mona Lisa – Leonardo Da Vinci

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Mona Lisa adalah salah satu lukisan paling terkenal di dunia karya seorang pelukis Italia bernama Leonardo da Vinci. Subjek dari Lukisan ini adalah seorang wanita bangsawan Italia bernama Lisa del Giocondo yang merupakan anggota dari keluarga Gherardini.

Baca Juga:5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia

Lukisan Mona Lisa dilukis pada tahun 1503 oleh Leonardo da Vinci pada media panel poplar berukuran 77 cm x 53 cm dengan menggunakan cat minyak.

Saat ini lukisan Mona Lisa disimpan dan dipamerkan kepada umum di musium Louvre yang merupakan musium seni terbesar di dunia yang ada di kota Paris, Prancis.

Setiap tahunnya kurang lebih 10 juta turis dari berbagai negara di dunia datang ke musium Louvre untuk menyaksikan lukisan Mona Lisa mahakarya dari Leonardo da Vinci ini.

Selain terkenal lukisan Monalisa juga menjadi lukisan paling berharga di dunia. Lukisan ini memegang rekor Guiness World Records sebagai lukisan dengan nilai asuransi tertinggi dalam sejarah dengan nilai 100 juta Dollar pada tahun 1962.

2. The Starry Night – Vincent Van Gogh

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

The Starry Night adalah sebuah lukisan karya seorang pelukis Belanda Vincent Willem Van Gogh. Salah satu lukisan paling terkenal di dunia ini menggambarkan tentang pemandangan sebelum matahari terbit dari sebuah jendela di Saint Remy de Provence.

The Starry Night dilukis pada bulan Juni tahun 1889 oleh Van Gogh menggunakan cat minyak dengan media lukis kanvas berukuran 73,7 cm × 92,1 cm.

Yang menarik dari lukisan The Starry Night adalah lukisan ini dilukis pada saat Van Gogh menjalani perawatan dirumah sakit jiwa Saint Paul de Mausole.

Baca Juga:Jangan Sampai Ketinggalan! Cek Informasi Lengkap Tiket KAI Lebaran 2023Langkah Mudah dan Praktis untuk Beli Tiket Kereta Api Lebaran 2023 lewat Aplikasi KAI Access

Sekarang ini lukisan The Starry Night disimpan dengan aman dan dapat disaksikan oleh umum di Museum of Modern Art yang terletak di kota New York, Amerika.

Pada tahun 2020 sebanyak kurang lebih 700 ribu turis lokal dan mancanegara datang mengunjungi Museum of Modern Art untuk melihat lukisan The Starry Night yang terkenal ini.

3. Girl With a Pearl Earring – Johannes Vermeer

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Girl With a Pearl Earring adalah sebuah lukisan yang menggambarkan tentang seorang wanita cantik berbusana eksotis yang mengenakan sebuah kalung mutiara berukuran besar.

Girl With a Pearl Earring ini dilukis pada tahun 1665 oleh seorang pelukis terkenal asal Belanda Johannes Vermeer pada media kanvas berukuran 44,5 cm × 39 cm menggunakan cat minyak.

Lukisan Girl With a Pearl Earring menjadi lukisan Johannes Vermer yang paling terkenal di dunia jika dibandingkan dengan lukisan dia yang lainnya.

Saat ini lukisan Girl With a Pearl Earring dipamerkan di sebuah musium seni yang bernama Mauritshuis yang terletak di kota The Hague, Belanda.

4. Napoleon Crossing The Alps – Jacques Louis David

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Napoleon Crossing The Alps adalah salah satu lukisan paling ikonik di dunia yang menggambarkan kegagahahan seorang pemimpin militer Prancis Napoleon Bonaparte.

Apa yang membuat Lukisan Napoleon Crossing The Alps begitu terkenal di dunia ? tentu saja karena lukisan ini dilukis oleh pelukis terkenal asal Prancis yang bernama Jacques Lois David.

Lukisan Napoleon Crossing The Alps dibuat pada tahun 1801 hingga 1805 oleh Jacques Lois David menggunakan cat minyak dengan media lukisnya menggunakan kanvas berukuran 2,6 m x 2,21 m.

Saat ini lukisan Napoleon Crossing The Alps tersimpan disebuah rumah bangsawan Chateau de Malmaison yang berjarak sekitar 12,6 kilometer dari kota Paris, Prancis.

5. Guernica – Pablo Picasso

britannica.com
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Guernica adalah sebuah lukisan berukuran besar karya dari seorang pelukis Spanyol Pablo Picasso yang dibuat pada tahun 1937. Dari semua lukisan yang pernah dibuat oleh Pablo Picasso, Guernica menjadi salah satu lukisannya yang paling populer di dunia.

Lukisan Guernica ini tergolong lukisar berukuran besar karena dimensi dari lukisan ini adalah 3,49 m x 7,77 m yang dilukis pada media kanvas dengan menggunakan cat minyak.

Saat ini lukisan Guernika disimpan dan dipamerkan di musium nasional Spanyol yang bernama The Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía. Pada tahun 2020 musium ini telah dikunjungi oleh turis dari berbagai negara di dunia sebanyak 1,2 juta pengunjung.

6. Whistler’s Mother – James Abbott McNeill Whistler

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

Dilukis oleh pelukis asal Amerika James Abbott Mcneill Whistler, Whistler’s Mothers adalah salah satu lukisan terkenal yang menggambarkan sosok seorang ibu yang bernama Anna McNeill Whistler.

Lukisan Whistler’s Mothers atau yang dikenal juga sebagai Arrangement in Grey and Black No. 1 dilukis pada tahun 1871 pada media kanvas berukuran 1,44 m x 1,62 m menggunakan cat minyak.

Lukisan ini pernah terlihat dalam sebuah film mr Bean, dimana bagian wajah pada lukisan ini terkelupas catnya yang kemudian diganti menjadi gambar yang absurd oleh mr Bean.

Sejak tahun 2019 hingga kini lukisan Whistler’s Mothers tersimpan di musium seni Louvre Abu Dhabi yang ada di Uni Emirates Arab.

7. No 5, 1948 – Jackson Pollock

arthive.net
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

No 5, 1948 adalah lukisan abstrak paling terkenal di dunia yang dilukis oleh Jackson Pollock, pelukis asal Amerika yang memang terkenal dengan gaya lukisannya yang abstrak. Selain terkenal, lukisan No 5, 1948 ini juga masuk kedalam daftar lukisan termahal di dunia.

Lukisan yang termasuk kedalam jenis abtrak ini selesai dibuat pada tahun 1948. Media yang digunakan dalam melukis No 5, 1948 adalah kanvas berukuran 2,4 m × 1,2 m, sedangkan catnya menggunakan cat minyak.

Karena lukisan ini telah terjual dalamsebuah lelang maka saat ini lukisan No 5, 1948 menjadi sebuah koleksi pribadi dari seorang kolektor seni di kota New York Amerika.

8. The Creation of Adam – Michelangelo

medium.com
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

The Creation of Adam adalah sebuah lukisan karya pematung Italia bernama Michelangelo. Lukisan terkenal ini tidak dilukis pada kanvas, melainkan pada langit langit Sistine Chapel ( kediaman resmi Paus ) yang terletak di kota Vatikan.

Lukisan The Creation of Adam menggambarkan tentang penciptaan manusia pertama di dbumi, Adam. Lukisan ini dibuat pada tahun 1512 oleh Michelangelo pada media dinding berukuran 2,8 m × 5,7 m.

9. The Night Watch – Rembrandt

wikipedia.org
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

The Night Watch adalah sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah grup militer Belanda yang dilukis oleh pelukis Rembrandt.

Lukisan yang dibuat pada era keemasan Belanda pada tahun 1642 ini dilukis diatas kain kanvas berukuran 363 cm × 437 cm dengan menggunakan cat minyak.

The Nigh Watch menjadi salah satu lukisan hasil karya Rembrandt yang dikenal dunia. Saat ini lukisan ini tersimpan di Musium Amsterdam, Belanda.

10. American Gothic – Grant Wood

britannica.com
Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Nama Pelukisnya

American Gothic adalah sebuah lukisan seorang dokter gigi bernama Mckeeby dan seorang wanita bernama Nan yang sedang berpose di depan sebuah rumah yang terkenal dengan sebutan American’s Gothic House.

Lukisan American Gothic yang dibuat di era moderenisme tahun 1930 oleh Grant Wood ini dilukis diatas papan fiber dengan menggunakan cat minyak.

Sejak tahun 1930 hingga sekarang lukisan American Gothic disimpan dengan baik di Sekolah Institut Seni Chicago, Amerika. radarcirebon.tv

0 Komentar