Kelompok Wanita Tani Desa Budur

0 Komentar

Berawal dari hobi, KWT Sumber Rejeki Desa Budur sampai bisa memiliki rumah bibit untuk menyalurkan hobi dan menjadi kegiatan para ibu-ibu rumah tangga. Rumah bibit sendiri berasal dari dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah pada tahun 2018.

Jika anda sesekali melewati Desa Budur, Kecamatan Ciwaringin, maka akan melihat sebuah rumah bibit indah yang berisi banyak tanaman sayuran dan tanaman hias hasil karya ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, KWT Desa Budur.

KWT Desa Budur diawali dari hobi Ibu Aan menanam tanaman hias maupun sayuran. Pada tahun 2017 hobi tersebut dilihat oleh petugas penyuluh lapangan, PPL, sehingga penyuluh membantu untuk membentuk KWT Sumber Rejeki Desa Budur.

Baca Juga:Jalan Penguhubung Antar Kabupaten di Desa Budur RusakDukungan Anggaran Kepemudaan dari Pemerintah Nol

Pada tahun 2018, KWT Sumber Rejeki mendapat bantuan dana dari pemerintah yang digunakan untuk membangun rumah bibit. Semenjak saat itu rumah bibit sering dipergunakan oleh para ibu-ibu untuk menanam sayuran maupun tanaman hias untuk menjadi kegiatan KWT.

Bahkan KWT Sumber Rejeki pada tahun 2019 mendapat juara 2 lomba KWT tingkat nasional. Hal ini dikarenakan inisiatif dan kreatifitas KWT Sumber Rejeki menggunakan sistem tanam kapiler, yang membuat tanaman bisa menyerap air sendiri untuk keperluan pertumbuhannya, tanpa harus setiap hari disiram oleh para ibu ibu KWT.

Ibu Aan berharap para ibu rumah tangga yang lain bisa memiliki hobi menanam sayuran maupun tanaman hias. Karena tanaman tersebut bisa menjadi penghasilan tambahan untuk dijual ataupun bisa mengurangi pengeluaran keluarga untuk berbelanja, karena bisa mengambil keperluan memasak dari tanaman sendiri.

0 Komentar