4 Kuliner Wajib Cirebon yang Gak Boleh Dilewati!

tahu gejrot
Tahu Gejrot merupakan makanan/jajanan khas Cirebon/ foto: proleevo/
0 Komentar

Tahu Gejrot merupakan makanan/jajanan khas Cirebon/ foto: proleevo/
4 Kuliner Wajib Cirebon yang Gak Boleh Dilewati!

RADARCIREBON.TVKota Cirebon memiliki begitu banyak pesona kuliner. Ada banyak sekali wisata kuliner Cirebon yang dapat Anda jumpai dan cicipi ketika berkunjung selama liburan.

Berikut adalah rekomendasi dari beberapa sumber tentang wisata kuliner di Cirebon yang sudah terkenal di kalangan wisatawan dan wajib Anda cicipi.

  1. Empal Gentong Mang Darma

Wisata kuliner khas Cirebon ini sudah tidak terpisahkan dari Kota Udang. Ada banyak tempat yang menjual olahan daging ini salah satunya Empal Gentong Mang Darma.

Baca Juga:Liburan? Yuk ke Cirebon waterland Aja, Seru & Menyenangkan!Mengenal Sejarah Wisata Kota Lama Semarang

Rumah makan empal gentong ini termasuk yang paling legendaris di Cirebon. Sebab sudah ada sejak tahun 1947 dan untuk urusan rasa sudah sangat terpercaya.

Kuah empal gentong yang kuning menyala terasa gurih dan segar. Semua berkat bumbu serta rempah khususnya. Isian hidangan sejenis gulai ini sendiri menggunakan babat, usus, dan juga daging sapi.

Selain empal, Anda juga bisa mencoba menu lain yang tidak kalah lezatnya. Bahkan tidak jarang rombongan rental elf Cirebon dari luar kota memadati rumah makan ini karena ingin mencoba kenikmatan empal gentongnya.

Tidak hanya berusia lama, kualitas rasa dari menu-menu yang ada tidak berkurang sedikitpun. Cita rasa yang khasnya inilah yang membuat Nasi Jamblang dari Mang Dul menjadi favorit banyak orang.

Anda bisa bebas memilih menu lauk sesuai selera seperti misalnya cumi, tempe, dendeng, dan lain sebagainya. Aroma daun jati yang menjadi alas ikut menambah nikmat sajian nasi ini.

Lokasi warung makan ini pun sangat strategis. Dekat dengan salah satu tempat wisata Cirebon terkenal yakni Grage Mall. Jadi bisa jadi pilihan tempat makan saat lapar di siang hari.

  1. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi yang satu ini cocok sekali di makan saat sarapan. Isian dari nasi ini adalah sayur seperti tahu, kecambah, timun, dan bawang goreng yang di siram dengan bumbu kacang yang khas.

Baca Juga:Mampir Yuk! 5 Wisata Semarang Murah yang RekomendedPerbandingan Toyota Rush 2022 Tipe G & GR Sport, Pilih Mana?

Selain nasi lengko kedai Haji Barno juga menyediakan sate kambing sebagai lauk tambahan. Perpaduan cita rasa antara sate kambing dan nasi lengkonya terasa pas di mulut, siap membuat lidah Anda bergoyang.

Tempat ini selalu jadi langganan banyak orang baik dari Cirebon sendiri maupun luar kota sejak tahun 1968. Sehingga wajar bila tempat ini selalu ramai terutama saat jam makan sudah berlangsung.

Lokasinya terletak di sekitar Pasar Kanoman dan selalu jadi incaran banyak orang. Meski hanya terdiri tahu, bawang, cabai, dan kuah khusus, rasa pedas manis hidangan ini sangat menggoda.

Tidak sedikit wisatawan luar kota sengaja mampir ke Cirebon hanya untuk mencoba hidangan satu ini. Harganya pun murah dan termasuk jajanan terfavorit di Cirebon.

Anda juga bisa menjadikan tahu gejrot sebagai oleh-oleh khas Cirebon karena cukup tahan lama. Cukup minta pedagangnya membungkus terpisah kuah, bawang serta tahunya agar bisa Anda hangatkan kembali di rumah.

Nah, mana nih makanan yang sudah pernah Anda cicipi saat berkunjung ke Cirebon.***

0 Komentar