4 Makanan Khas Ciamis ini Bikin Kangen

0 Komentar

Makanan Khas Ciamis Apa ya??yap Galendo

RADARCIREBON.TV – Ciamis, wilayah yang terkenal dengan julukan Kota Manis ini terletak di provinsi Jawa Barat. Ciamis memiliki tempat wisata yang bagus seperti waduk dan gunung. Soal makanan, pastinya Ciamis banyak memiliki makanan khas yang wajib dicoba.

Beberapa makanan khas Ciamis ini bisa jadi rekomendasi kalian bila ingin mencoba dan mencicipi makanan khas daerah ini.  Apa aja sih makanan khas Ciamis yang ngangenin? Ini dia list-nya.

4 Makanan Khas Ciamis

  1. Sale Pisang Ciamis

Menjadi makanan favorit banyak orang, menjadikan Sale Pisang termasuk ke dalam makanan yang bikin kangen. Makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dibentuk memanjang ini memiliki tekstur yang krispi di luar namun lembut di dalam. Proses memasakanya dengan cara digoreng menggunakan sedikit tepung saja. Itulah yang membuat Sale Pisang memiliki tekstur yang krispi.

Baca Juga:Ini Dia, Kuliner Ciamis yang LegendarisHati-Hati, inilah Kilometer Maut di Tol Cipali

Bila anda ingin membeli Sale Pisang sebagai buah tangan, Anda bisa mengunjungi pusat sale pisang di Ciamis yang terletak di daerah Padaherang, Banjarsari. Untuk membawa pulang oleh-oleh Ciamis ini Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 per bungkusya.

2. Galendo Ciamis

Galendo ini menjadi makanan yang cukup terkenal di masyarakat Ciamis. Makanan ini cukup unik karena terbuat dari ampas sari pati minyak kelapa yang kemudian di olah hingga menciptakan rasa yang manis dan gurih. Semakin berkembangnya zaman, kini galendo di buat dengan bermacam jenis rasa yang bervariasi. Untuk harganya di jual dengan harga Rp100.000 per kilo.

3. Saroja Ciamis

Saroja Ciamis ini biasa di kenal dengan nama kembang goyang. Makanan satu ini berbentuk seperti bunga Saroja sehingga tak heran apabila namanya di sebut Saroja. Berbahan dasar tepung beras putih, telur dan gula,kue saroja ini kemudian di goreng dengan cetakan yang berbentuk bunga. Memiliki tekstur yang renyah dan manis menjadikan saroja cocok untuk di nikmati bersama dengan secangkir the hangat.

4. Colok Gembrung

Colok gembrung merupakan makanan unik yang ada di kota Ciamis. Hampir mirip dengan sate, colok gembrung terbuat dari kulit sapi yang di potong kecil-kecil seperti sate kemudia di bumbui dengan galendo. Saat di makan, rasa gurih dan manis akan terasa di mulut. Kulit sapi yang tadi di tusuk pun terasa kenyal dan nikmat.

Demikianlah rekomendasi 4 makanan khas Ciamis yang bikin kangen. Hayoo siapa yang udah kangen ingin merasaka kembali kenikmatan dari makanan ini?

0 Komentar