Hati-Hati, inilah Kilometer Maut di Tol Cipali

Kecelakaan Tol Cipali
Kecelakaan di Tol Cipali
0 Komentar

Kecelakaan di Tol Cipali

RADARCIREBON.TV – Tol Cipali memiliki salah satu tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia. Menurut Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, rata-rata ada satu kematian per kilometer di Tol Cipali.

Jalan tol dibuat untuk memperlancar lalu lintas yang sudah berkembang. Jalan tol banyak memiliki manfaat salah satunya yakni mampu meningkatkan mobilitas orang dan barang. Pengguna jalan tol juga menghemat waktu perjalanan dibandingkan melewati jalan non tol.

Tol Cipali merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Purwakarta hingga Cirebon dan memiliki panjang lintasan sekitar 116 kilometer.  Jalan tol ini sejak awal dioperasikan memang sudah banyak terjadi kecelakaan.Penyebab kecelakaan lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan atau Cipali didominasi oleh kelalaian manusia yang mencapai 86 persen, menurut pengelola jalan tol tersebut. Berdasarkan informasi tersebut, pengelola tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk selalu waspada dan segera berhenti di rest area yang sudah dipesan jika lelah atau mengantuk. 

Berikut ini ‘kilometer maut’ yang ada di Tol Cipali.

1.KM 178

Baca Juga:Cair! Segini Uang Ganti Rugi Tol GetaciLokasi Wisata Kuliner yang Enak di dekat Tol Cirebon

Kecelakaan maut terjadi pada Sabtu (11/6/2022) sore di Tol Cipali KM 178-800, tepatnya di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tiga penumpang minibus terpanggang dalam kecelakaan fatal antara truk dan minibus. Sedangkan tiga penumpang lainnya harus di bawa ke Rumah Sakit Mitra Plbon Cirebon karena luka berat. Kecelakaan maut tersebut di duga terjadi akibat sopir minibus kelelahan, sehingga saat melaju tak dapat mengendalikan mobilnya dan menabrak truk.

2. KM 94

Suzuki Carry bertabrakan dengan Daihatsu Terios pada Senin (20/07/2015) sekitar pukul 21.30 WIB di Tol Cipali KM 94+800 arah Jakarta. Minibus di ketahui kehilangan kendali setelah bertabrakan dengan mobil di depan. Lima penumpang mobil angkutan luka ringan dalam insiden itu. 

3. KM 82

Sebuah kecelakaan terjadi di ruas Jalan Tol Cipali pada Jumat (16/3/2018) pagi hari di Tol Cipali KM 82 A, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Sebuah minibus Isuzu dengan nomor polisi S 7509 J dan sebuah truk berisi barang terlibat dalam kecelakaan itu. Di ketahui sopir truk yang terlibat pada kecelakaan tersebut langsung kabur. Di duga kecelakaan terjadi lantaran supir minibus mengantuk. Mobil minibus tersebut mengalami kerusakan parah di bagian kiri. Satu orang tewas dalam kecelakaan ini.

Bagi para pengendara, di harapkan selalu hati-hati saat berkendara. Siapkan fisik yang prima serta berkonsentrasi selama mengemudi. Bila lelah atau mengantuk, jangan memaksakan diri. Pengendara di himbau untuk istirahat di rest area yang telah di sediakan apabila telah merasa lelah.

0 Komentar