Jurusan Psikologi Bisa Kerja Jadi Apa Sih? Yuk Simak 5 Prospek Kerjanya!

Jurusan Psikologi
Jurusan Psikologi
0 Komentar

Jurusan Psikologi

RADARCIREBON.TV – Untuk para siswa kelas 12 SMA, apakah kamu masih bingung memilih jurusan apa yang pas buat kamu? Mau ambil jurusan psikologi tapi kamu gatau prospek kerjanya? Yuk kita bahas bareng-bareng di sini.

Sebelumnya mari kita bahas dulu mengenai pengertian dari psikologi itu sendiri. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia.

Namun, bukan karena jurusan psikologi hanya sebuah mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia lalu jurusan tersebut tak prospek buat mencari pekerjaan setelah lulus loh.

Baca Juga:Jalan-jalan Ke Kebumen, Jangan Sampe Lewatin Tempat Oleh-oleh IniJelang di Buka Pendaftaran CPNS, Intip Cara Mendaftar Tes Calon Pegawai Negeri Sipil di Akun Portalnya

Lulusan Jurusan Psikologi bisa bekerja sebagai psikolog hingga psikiater. Selain itu, prospek kerja psikologi juga bisa menjadi HRD, Guru BK, dosen, konsultan kesehatan mental, penulis, R&D, translator, hingga general affair.

Supaya lebih lengkap lagi, yuk kita simak 5 prospek kerja dari jurusan psikologi, cekidot!

1. Psikolog

Menjadi seorang psikolog merupakan pekerjaan yang menggiurkan saat ini karena bayaran nya yang lumayan tinggi. Psikolog juga memiliki peran yang cukup mendalam untuk melakukan pencegahan, mendiagnosis, dan mengetahui penyebab seseorang mengalami gangguan pada kesehatan mental.

Biaya untuk melakukan konsultasi dengan psikolog bervariasi. Hal ini disesuaikan dengan rumah sakit, klinik, atau tempat psikolog melakukan praktik. Bagi Anda yang berkeinginan untuk berkonsultasi dengan psikolog, setidaknya perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp. 150.000 – Rp. 300.000.

2. Psikoterapis

Tugas seorang psikoterapis sendiri adalah menyembuhkan gangguan pikiran, mengatasi problem perasaan, membarui sikap, merenovasi kepribadian, membantu perkembangan diri seseorang, dan memperbaiki korelasi satu orang menggunakan orang lainnya.

Biaya untuk melakukan konsultasi dengan psikiater umumnya bervariasi, tergantung dengan rumah sakit tempat praktik. Biaya konsultasi dengan psikiater sekitar Rp. 150.000,- hingga Rp. 450.000,-. Akan tetapi, Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih karena mungkin ada biaya tambahan yang diperlukan.

3. Pekerja sosial

Pekerja Sosial adalah melakukan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial meliputi pendekatan awal, pengungkapan dan pemecahan masalah, penyusunan rencana intervensi, intervensi, evaluasi, terminasi dan rujukan, serta bimbingan dan pembinaan lanjut.

Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Profesional Konseling dan Pekerja Sosial – dari IDR2,640,954 untuk IDR10,839,866 per bulan – 2023. Profesional Konseling dan Pekerja Sosial biasanya menghasilkan antara IDR2,640,954 dan IDR5,956,980 bersih per bulan pada awal pekerjaan.

Baca Juga:Sudah Masuk Awal Tahun 2023, Ini Persyaratan Pendaftaran Calon Gegawai Negeri Sipil yang Harus Kamu Penuhi!Pipip Pipip Calon Mantu, Ini Dia Tanggal Pendaftaran CPNS 2023

4. Konselor

Tanggung jawab konselor dalam proses konseling adalah mendorong untuk mengembangkan potensi klien, agar dia mampu bekerja efektif, produktif, dan menjadi manusia mandiri. Disamping itu, tujuan konseling adalah agar klien mencapai kehidupan berdaya guna untuk keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Profesional Konseling dan Pekerja Sosial – dari IDR2,640,954 untuk IDR10,839,866 per bulan – 2023. Profesional Konseling dan Pekerja Sosial biasanya menghasilkan antara IDR2,640,954 dan IDR5,956,980 bersih per bulan pada awal pekerjaan.

5. Manajer HRD

HRD manager adalah orang yang memimpin divisi human resources dan bertanggung jawab mengawasi kinerja bawahannya agar menjalankan tugas berkaitan dengan SDM. Dalam struktur organisasi, bagian HRD terdiri dari staf, manajer, dan direktur operasional human resources department.

Karena cakupannya yang luas, kisaran gaji HRD untuk level manajer pun lebih beragam, yaitu antara Rp 8.000.000,00 – Rp 20.000.000,00 per-bulannya.

0 Komentar