Mengenal Jenis-jenis Mangga Indramayu

mangga indramayu
Mengenal jenis-jenis mangga indramayu (badan-penghubung.jabarprov.go.id)
0 Komentar

Mengenal jenis-jenis mangga indramayu (badan-penghubung.jabarprov.go.id)

RADARCIREBON.TV – Indramayu terkenal dengan julukan Kota Mangga. Julukan Kota Mangga tentunya tidak asal di berikan begitu saja. Karena hasil bumi paling besar selain padi adalah mangga, maka dari itu Indramayu di juluki Kota Mangga.

Dalam bahasa Indramayu, Mangga disebut Pelem. Banyak orang yang menyukai buah ini. Buah ini tumbuh dan banyak ditanam oleh masyarakat Indramayu. Jenis mangga Indramayu memiliki karakteristik, warna, bentuk hingga ukuran yang beragam.

Inilah jenis-jenis buah Mangga Indramayu

  1. Mangga Cengkir

Buah ini merupakan mangga asli Indramayu. Mangga ini banyak tumbuh di daerah Indramayu. Penampilan buah ini mirip dengan mangga Harumani dari segi berat, bentuk dan ukuran, yaitu bulat dan lonjong. Namun buah ini lebih baik karena kulitnya lebih tebal sehingga tahan benturan dan dapat di simpan lebih lama di bandingkan mangga Harumanis. Untuk kulitnya, mangga ini memiliki kulit luar berwarna hijau muda dan kuning kehijauan saat matang. Dagingnya berwarna kuning tua dan jingga. 

2. Mangga Lalijiwo

Baca Juga:Ini Dia, Hotel yang Dekat dengan Alun-alun IndramayuInilah Kuliner Indramayu Yang Paling Dicari

Buah lokal ini cukup terkenal terutama di Pulau Jawa. Rasa dagingnya enak dan bikin lupa, kata beberapa orang. Itulah sebabnya mangga ini di sebut Lali Jiwa. Buahnya bulat dan daging buahnya berwarna kuning tua saat sudah matang. Aroma buah ini memang tidak terlalu menyengat, namun tetap saja banyak yang menyukainya. 

3. Mangga Gedong Gincu

mangga ini banyak terdapat di Indramayu, walaupun harganya cukup mahal, namun banyak yang menginginkannya. Ciri khasnya adalah kulit yang cantik dan bercahaya. Warnanya seperti perpaduan warna jingga, merah, sebagian hijau dan kuning. Harga pasarnya cukup stabil dan paling banyak di temui di mall-mall. Daging buah mangga jenis ini sangat nikmat  dan mengandung banyak air. Meski di dominasi rasa manis, tak jarang bagi mereka yang bisa merasakan rasa asamnya di ujung lidah. 

4. Mangga Gajah

Seperti namanya, mangga gajah ini memiliki ukuran yang sangat besar di bandingkan dengan mangga lainnya, sehingga di sebut mangga gajah dan jenis mangga ini sangat di sukai oleh semua kalangan.

5. Mangga Golek

Bentuknya yang khas membuat mangga ini mudah di kenali. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan lebih dominan di bandingkan dengan rasa asamnya. Jika terlalu matang, kandungan airnya bertambah dan rasanya hampir seperti buah pepaya. Saat sudah matang, daging buahnya tebal dan lunak, dengan warna kuning tua mengarah ke jingga, dan buahnya tidak berserat. 

Itulah beberapa jenis-jenis buah mangga khas Indramayu. Semoga bermanfaat.

0 Komentar