Purwokerto Di Sebut Kota Satria

kota purwokerto
kota purwokerto
0 Komentar

Hay kawan kawan apa kabar pasti sehat nih, mimin di sini ingin memberikan sebuah artikel nih, tentang kota yang bagus.

yaitu kota Purwokerto .

Kenapa Cih Kota ini di sebut Kota Satria?

Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah (Jateng). Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Purwokerto juga memiliki julukan atau slogan, yakni Kota Satria.

kota purwokerto

Sebagai ibu kota kabupaten, nama Purwokerto memang lebih populer dari Banyumas. Hal ini di karenakan dulu nya Purwokerto menyandang status sebagai kota administratif.

Baca Juga:Samsung Galaxy Series Baru Di KantongAku Cinta Samsung Galaxy A Series

Meski demikian, Purwokerto di kenal sebagai kota administratif yang tidak otonom, karena secara de jure masih di bawah pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Purwokerto terdiri dari empat kecamatan, yakni kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, Purwokerto Selatan, dan Purwokerto Utara.

Diolah dari berbagai sumber, julukan Purwokerto sebagai Kota Satria muncul pada tahun 1980-an. Kala itu, pada masa pemerintahan Orde Baru, setiap daerah di Indonesia memang di minta untuk mengusung jargon atau julukan sebagai cita-cita pembangunan daerah.

Pun demikian dengan Purwokerto. Tepat nya pada masa pemerintahan Bupati Banyumas, Djoko Sudantoko, di tetapkanlah julukan Purwokerto sebagai Kota Satria. Penetapan julukan ini turut ditandai dengan Surat Keputusan Bupati Banyumas Nomor 130/1207/1988.

Julukan Purwokerto sebagai Kota Satria ini bukan tanpa alasan. Satria di pilih sebagai akronim dari Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman

Selain itu Satria di usung sebagai julukan Kota Purwokerto karena daerah Banyumas melahirkan banyak tokoh atau pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan dan pembangunan Indonesia, atau yang memiliki jiwa kesatria.

Sebut saja nama Jenderal Gatot Soebroto yang merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia dan pahlawan nasional. Lalu, ada juga tokoh Pahlawan Revolusi, Letjen TNI (Anumerta) Soeprapto.

Baca Juga:Jembatan Berlubang Mulai DiperbaikiDPRD Soroti Masalah Desa Tambelang

Kemudian, Prof. Dr. Margono Soekarjo yang merupakan ahli bedah pertama di Indonesia, yang nama nya kini di abadikan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Margono Soekarjo . Selain itu, Purwokerto juga merupakan asal dari Raden Bei Aria Wirjaatmadja yang mendirikan sebuah bank yang menjadi cilak bakal Bank Republik Indonesia (BRI).

Selain memiliki julukan Kota Satria, Purwokerto juga memiliki sederet julukan lain. Julukan itu antara lain kota kripik, kota transit, kota mendoan, hingga kota pensiunan karena banyaknya pejabat yang pensiun dan memilih menetap di Purwokerto.

Baca artikel Solopos.com “Purwokerto Populer dengan Julukan Kota Satria, Ini .

0 Komentar