Makna Ogoh Ogoh Bali

ogoh ogoh
Ogoh-ogoh,the Giant
0 Komentar

Hari Raya Nyepi 2023 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Salah satu tradisi yang khas di Hari Raya Nyepi adalah ogoh-ogoh. 

simak artikel ini sampai selesai biar nambah ilmu nambah manfaat ya guys……….

Di Hari Nyepi ini biasa nya umat Hindu melakukan instropeksi diri dengan menyepi selama 24 jam. Selain itu, salah satu prosesi dalam perayaan Nyepi adalah pawai ogoh-ogoh yang di gelar pada malam pengerupukan atau sehari sebelum Nyepi. 

Baca Juga:Bazar Pasar Murah DiserbuRazia Pekat Jelang Ramadan

Ogoh-ogoh adalah karya seni terbuat dari perpaduan bahan seperti steyrofoam, bambu, koran bekas, kain, cat, kawat besi, dan kayu. 

Dalam prosesnya, ogoh-ogoh diarak menuju tempat persemayaman umat Hindu lalu dibakar. Lantas, seperti apa sejarah ogoh-ogoh di Bali dan maknanya? 

Apacih Ogoh Ogoh ?

Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan. 

Ogoh-ogoh,the Giant puppet. parade before Nyepi day.

Selain wujud Rakshasa, ogoh-ogoh sering pula di gambarkan dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di Mayapada, Syurga dan Naraka.  Di antara nya naga, gajah, widyadari, bahkan dalam perkembangan nya ada yang di buat menyerupai orang-orang terkenal, seperti para pemimpin dunia, artis atau tokoh agama bahkan penjahat.

Namun, sejarah ogoh-ogoh di Hari Raya Nyepi yakni sejak tahun 1980-an, umat Hindu mengusung ogoh-ogoh yang di jadikan satu dengan acara mengelilingi desa dan membawa obor atau yang di sebut acara ngerupuk.  Sebelum memulai pawai ogoh-ogoh para peserta upacara atau pawai biasa nya minum-minuman keras tradisional atau arak. 

Karena bukan sarana upacara, ogoh-ogoh itu diarak setelah upacara pokok selesai dengan di iringi irama gamelan khas Bali yang di beri nama bleganjur.  Ogoh-ogoh murni sebagai cetusan rasa semarak untuk memeriahkan upacara ngerupuk. Karena tidak ada hubungan nya dengan Hari Raya Nyepi, maka ogoh-ogoh tidak mutlak ada dalam upacara tersebut. 

Makna ogoh-ogoh ini merupakan lambang nyomia atau menetralisir Bhuta Kala, yaitu unsur-unsur kekuatan jahat. Makna ogoh-ogoh adalah sebagai representasi Bhuta Kala. Ogoh-ogoh di buat menjelang Hari Raya Nyepi dan diarak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan, sehari sebelum Hari Nyepi.

OGOH OGOH BALI

Baca Juga:Perempuan Tanpa Identitas Tertabrak KAEksekusi Lahan Ricuh

Menurut para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma, proses ini melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat. Kekuatan tersebut meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) dan Bhuana Alit (diri manusia). 

Dalam pandangan Tattwa (filsafat), kekuatan ini dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran.

Nah, itulah pengertian ogoh-ogoh adalah karya seni dalam Budaya Bali, sejarah ogoh-ogoh, dan makna ogoh-ogoh. 

0 Komentar