Aja klalen Beli Batik Cirebon  

0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Aja klalen Beli Batik Cirebon Batik trusmi tersebut merupakan khas Cirebon

RADARCIREBON.TV- Aja klalen Beli Batik Cirebon yaitu Batik trusmi yang merupakan batik asli Cirebon yang memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan salah satu batik yang terkenal di Indonesia.

Lokasi pembuatannya terpusat di Kecamatan Plered, sekitar empat kilometer di sebelah barat pusat Kota Cirebon, Jawa Barat.

Kepopuleran ini membuat daerah asalnya mendapat julukan Kampung Batik Trusmi.

Baca Juga:Budget Ekonomis All New TeriosAgen Travel Bekasi Cirebon Yang Bisa di Andalkan

Sebuah baliho besar dengan tulisan “Trusmi” dapat terlihat jelas jika Anda tiba di Cirebon melalui Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Silsilah batik

Kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa Secara etimologi kata batik di ambil dari kata ambatik.

Yaitu gabungan dari kata amba dalam bahasa Jawa yang berarti menulis dan tik yang berarti titik kecil, tetesan, atau membuat titik.

Jadi, batik adalah menulis atau melukis titik.

Sejarah batik trusmi

Batik Trusmi Cirebon pertama kali di kenal dari sebuah cerita rakyat pada abad ke-14 di suatu daerah yang memiliki banyak tumbuhan.

Trusmi berada di daerah Kabupaten Cirebon dan terletak sekitar selima kilomter dari pusat kota Cirebon.

Sultan Keraton Cirebon memerintahkan warga dari Trusmi untuk membuat batik seperti miliknya.

Tapi hanya boleh di tunjukkan motifnya saja tanpa melihat batik aslinya.

Warga kemudian membuat batik sesuai perintah sultan Saat proses selesai.

Baca Juga:Travel Dari Cirebon ke Bekasi Ini Harganya3 Kuliner Bekasi Yang Menggoyang Lidah

Seorang warga menghadap sultan dengan membawa kain batik yang di buat.

Sang warga meminta batik asli kepada Sultan kemudian ia membungkus kedua batik (asli dan buatan) bersama-sama.

Ciri khas batik Trusmi Cirebon

  • Menampilkan motif wadasan (batu cadas) pada desain klasik tradisional. Selain itu, terdapat ragam hias berbentuk awan (mega) pada bagian-bagian yang disesuaikan dengan motif utamanya.
  • Memiliki latar belakang atau dasar kain berwarna lebih muda dibandingkan dengan warna garis motif utamanya.
  • Bagian latar atau dasar kain biasanya bersih dari noda hitam atau warna-warna yang tidak di inginkan. Akibat penggunaan lilin yang pecah sehingga pada proses pewarnaan mengakibatkan zat warna menempel pada kain.
  • Garis-garis yang di gunakan dalam motif batik terdiri dari garis tunggal dan tipis yang berukuran kurang lebih 0,5 milimeter. Dengan warna garis yang lebih tua di bandingkan dengan warna latarnya.Hal tersebut terjadi karena proses batik Cirebon . unggul dalam penutupan (blocking area) dengan menggunakan canting khusus (canting tembok dan bleber).
  • Warna-warna batik Cirebon klasik biasanya dominan warna kuning, hitam (sogan gosok) dan warna dasar krem. Sebagian warna lain yaitu warna merah tua, biru, hitam dengan dasar warna kain krem atau putih gading.

Jika berminat untuk membeli batik trusmi kalain bisa beli cirebon ya langsung tepatnya di kampung trusmi sekalian kalian jajalan jalan.

 Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RADARCIREBON.TV Artikel ini telah tayang di RADARCIREBON.TV dengan judul” Aja klalen Beli Batik Cirebon”  

0 Komentar