Bagi Kamu yang Mau Masuk PTN Favorit, Ini Dia 4 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat

bingung pilih jurusan
bingung pilih jurusan
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Para pejuang PTN di kelas 12 pasti sedang mencari-cari jurusan yang terbaik. Selain itu mencari cara menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Hal ini perlu di persiapkan karena seringkali terdapat banyak mahasiswa yang merasa salah mengambil jurusan saat di pertengahan semester.

Akibatnya banyak mahasiswa yang pindah jurusan atau bahkan mogok untuk kuliah, karena tidak mempersiapkan cara menentukan jurusan kuliah dengan matang.

Baca Juga:Ternyata Awal Mula Kata Ngabuburit Muncul di Acara Musik Loh, Ini Faktanya!Seringkali di Ucapkan, Ternyata Kata Ngabuburit Itu Merupakan Kepanjangan Dari Ini Loh

Oleh karena itu, bagi kamu yang baru memulai untuk mencari jurusan kuliah jangan sampai gegabah salah mengambil jurusan, karena dampak nya akan panjang.

Lalu bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang tepat? Inilah 6 cara menentukan jurusan kuliah yang tepat buat kamu, yuk di cek!

1. Ketahui minatmu

Yang pertama adalah kamu harus memahami apa yang kamu minati terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk memilih suatu jurusan. Jika kamu masih tidak mengetahui apa minatmu, kamu bisa melihat dari apa hal yang paling kamu hobi.

Jika kamu memiliki hobi menulis, melukis, memasak, dan lain sebagainya, jangan anggap remeh hal-hal tersebut. Bisa jadi kamu ini menjadi patokan atau membuatmu bersemangat, pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitas tadi.

2. Memahami Bakatmu

Apakah bakat selalu identik dengan suatu skill yang kamu miliki? Jawabannya adalah tidak, karena minat dan bakat nggak melulu tentang menghasilkan karya loh. Setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing, bisa jadi kamu memang belum mengetahui apa kelebihan yang ada pada dirimu.

Mungkin bisa jadi bakat tersebut bisa kamu cari sendiri atau kamu galih melalui eksperimen. Kamu bisa mencoba beberapa hal yang menarik untuk kamu lakukan, dan mungkin saja setelah melakukan hal tersebut kamu merasa nyaman dan ingin lebih memperdalam nya.

3. Riset Jurusan

Hal ini memang yang paling terpenting saat kamu sudah mentok untuk mencari tahu sendiri. Kamu bisa bertanya kepada kaka tingkat mu yang sudah mengambil jurusan yang kamu incar, atau kamu bisa mencari nya di internet mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurusan tersebut.

Tentunya riset ini di perlukan agar kamu tidak termakan omongan orang dan bersikap netral pada suatu jurusan tertentu. Jika banyak orang yang menjelekan salah satu jurusan, namun kamu belum merisetnya terlebih dahulu, maka jangan mudah termakan oleh omongan tersebut.

Baca Juga:Woaahh 3 Makanan Khas Magelang Ini Patut Kamu Cicipi, Rasanya Enak Banget BestieeKalau Kamu Jalan-jalan ke Magelang, Jangan Lupa Mampir ke Toko Oleh-oleh Magelang Ini

4. Berdoa

Dan cara yang terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan berdoa. Jika kamu sudah berjuang mencari petunjuk dengan cara berusaha secara langsung, maka kamu harus mencari cara secara rohani yaitu dengan berdoa kepada Allah.

Jika kamu bingung, kamu bisa meminta petunjuk melalui solat istikharah kepada Allah terkait jurusan terbaik mana yang harus kamu pilih kedepannya.

Itulah 4 cara menemukan jurusan kuliah yang simple dan bisa kamu coba sendiri. Dari pada masih galau dan bingung, kamu bisa nih pakai cara cepat ini supaya kamu mendapatkan jurusan terbaik.

0 Komentar