Mau ke Menara Pandang Teratai Purwokerto? Segini Harga Tiketnya..

Menara Pandang Teratai Purwokerto
Menara Pandang Teratai Purwokerto
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siapa di sini yang belum mengetahui apa itu Menara Pandang Teratai Purwokerto? Yuk kita bahas dulu.

Perlu kamu ketahui, Menara Pandang Teratai Purwokerto adalah sebuah menara yang memiliki ketinggian 117 meter. 

Menara ini di buat sejak tahun 2021, kemudian Menara ini di buka untuk tahap uji coba pada tanggal 27 April 2022 dalam tahap finalisasi fasad bangunan.

Baca Juga:Dari Kota Metropolitan Mau Healing Ke yang Ijo-ijo? Segini Nih Harga Tiket Bus Jakarta Majalengka, Yuk Agendakan!Yuk Jalan-jalan Naik Bus Dari Jakarta ke Majalengka yang Nyaman Buat Kamu, Nih Spill Selengkapnya

Kini Menara Pandang Teratai merupakan ikon dari Purwokerto sekaligus salah satu destinasi wisata di kota dengan julukan Kota Satria ini. Masuk lantai satu gratis. Naik lantai dua dan seterusnya harus bayar. Tiket weekday Rp 20.000, tiket weekend Rp 25.000

Lalu, apa sih yang menarik dari Menara yang satu ini? Apakah kamu penasaran juga? yuk kita ulas selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Menara Pandang Teratai Purwokerto

Pembangunan insfrastuktur menara ini merupakan inisiatif dari pemerintah Kabupaten Banyumas yang bertujuan untuk menciptakan ikon baru Purwokerto. Oleh sebab itu, menara ini di bangun dengan pembiayaan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Perlu kamu ketahui, desain dari menara ini sempat mengalami beberapa kali perubahan. Pada awalnya, desain akhir bangunan di kehendaki bentuk kubah yang akan di namakan sebagai Menara Gada Rujakpolo.

Akan tetapi, pada proses tahap penyelesaiannya, desain menara berubah menjadi bunga teratai pada puncaknya, yang mengandung filosofi dari Dwipa Semarang, dengan pembagian menara menjadi 3 tingkatan yaitu tingkat bawah, tengah dan atas.

Tingkatan bawah yakni terletak pada lantai dasar, yang menyimbolkan hubungan antar manusia, tingkat tengah berada di lantai 1 dan 2 yang menyimbolkan hubungan dengan alam, dan tingkat atas berada di lantai 3 dan 4 menyimbolkan hubungan dengan Tuhan.

Secara keseluruhan, menara ini memiliki total 5 lantai dengan fungsi yang berbeda:

  • Lantai 1 merupakan Coffee Shop dengan konsep seperti pameran, ada klip komik, lukisan batik dan lain sebagainya
  • Lantai 2 merupakan Office Room atau ruang pertemuan. Namun tidak dibuka untuk umum.
  • Lantai 3 merupakan jembatan kaca yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan Purwokerto, batas waktu berada di lantai ini maksimal 15 menit.
  • Lantai 4 merupakan ruangan outdoor.
  • Lantai 5 merupakan puncak yang berada di bawah bunga teratai langsung, setiap kunjungan di batasi hanya 10 menit, lansia dan anak-anak di batasi masuk ke lantai ini.

Naah itu dia sekilas sejara dan hal-hal yang menarik yang berada di Menara Pandang Teratai Purwokerto yang bisa kamu ketahui dari artikel ini.

0 Komentar