Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu
0 Komentar

Grojogan Sewu adalah salah satu wisata alam yang menonjolkan keindahan air terjun. Lokasi taman wisata alam ini berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Meskipun cukup ikonik dengan pesona air terjunnya, kawasan ini juga mempunyai daya tarik dari segi keindahan alam yang di milikinya. Kawasan Tawangmangu yang berada di lereng Gunung Lawu memang di kenal memiliki segudang area wisata alam yang masih sangat asri.

Sejarah dan Mitos Grojogan Sewu

Grojogan Sewu juga tidak lepas dari sejarah dan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Hal ini menjadi hal yang wajar mengingat kawasan ini berada di tengah-tengah hutan belantara.

Baca Juga:Travel Cirebon Ke SukaBumi Gas!!Makanan Khas Bandung Wenak E !!

Sejarah Taman Wisata Alam Grojogan Sewu

Salah satu sejarah menarik terkait taman wisata alam ini adalah pemberian nama Grojogan Sewu. Nama tersebut di ambil dari bahasa Jawa, yaitu grojogan berarti air terjun dan sewu berarti ‘seribu’. Jadi Grojogan Sewu dapat diartikan sebagai air terjun seribu.

secara harfiah adalah air terjun seribu, namun jumlah air terjun di kawasan ini tidak sampai seribu. Hanya ada beberapa titik saja yang mempunyai terjun. Oleh sebab itu, untuk mengartikan kata ‘sewu’ tidak hanya sebatas air secara etimologis saja, melainkan juga memahami penggunaan kosakata pada masyarakat.

Mitos Taman Wisata Alam Grojogan Sewu

 Mitos tersebut berkaitan dengan salah satu jembatan yang terdapat di kawasan ini. Penduduk sekitar percaya bahwa jika ada sepasang kekasih yang melewati jembatan tersebut, maka pasangan tersebut akan segera putus.

Lokasi dan Akses Taman Wisata Grojogan Sewu

Taman Wisata Alam Grojogan Sewu berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini mempunyai luas kurang lebih 20 hektar yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan khas hutan pegunungan dan satwa seperti kera yang cukup jinak

Kegiatan dan Objek Wisata Alam Grojogan Sewu

1. Air Terjun Grojogan Sewu

2. Berinteraksi dengan Kera

3. Outbond

4. Menikmati Kuliner Khas Lokal

Kuliner khas di kawasan ini adalah sate kelinci. Makanan ini paling lezat jika disantap sambil menikmati gemericik dari air terjun Grojogan Sewu. Selain sate kelinci, satu lagi kuliner khas lokal yang juga mampu menggugah selera yaitu sate landak.

0 Komentar