Enak nya Karedok Makanan Khas Jawa barat

Enak nya Karedok Makanan Khas Jawa barat
Enak nya Karedok Makanan Khas Jawa barat
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Enak nya Karedok Makanan Khas Jawa barat, Karedok merupakan makanan khas di kalangan masyarakat Sunda, termasuk Jawa Barat.

Makanan tradisional karedok berupa sayuran mentah, seperti tauge, ketimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong.

Karedok merupakan makanan khas di kalangan masyarakat Sunda, termasuk Jawa Barat.

Baca Juga:Inovasi Ide dan kreasi  jualan ANDA sate jamur WAJIB COBA IN untung banyakMenakjubkan Kawah telaga Bodas Garut WAJIB KESINI bagi pecinta Trekking dan Hiking

 Makanan tradisional karedok berupa sayuran mentah, seperti tauge, ketimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong.

Bagi orang Sunda, karedok tentu tak asing lagi. Kuliner khas yang terbuat dari beragam sayuran mentah ini populer sebagai lauk untuk makan.

Bumbunya sederhana, hanya garam, terasi, cikur (kencur), gula, bawang putih dan daun kemangi (surawung).

Cabai bisa di tambahkan untuk mendapatkan rasa pedas  Bahan ini kemudian di haluskan dengan menggunakan cobek dan ulekannya.

Sementara isian sayurannya biasanya di sesuaikan dengan selera. Yang populer yakni karedok kacang panjang, karedok leunca dan karedok terong.

Setelah bumbu halus, masukkan kemangi untuk di ulek kasar Kemudian sayuran mentah yang telah di tiriskan kemudian diaduk dengan bumbu hingga padu dan siap dihidangkan.

Ragam sayuran yang lazim di gunakan untuk karedok mulai dari kacang panjang, mentimun, toge, kubis, dan kemangi.

 Karedok dapat dengan mudah kita temukan di berbagai pelosok daerah di Jabar. Rasanya hampir di semua restoran Sunda menyediakan menu ini.

 Sejarah karadok

Baca Juga:4 Tempat Healing Terbaik di   Jawa Barat Buat Para Instagramholic.Ini Dia Sejarah dan Aplikasi Tik Tok Web

Awalnya di Rancakeong hanya terdapat dua keluarga Kemudian dari dua keluarga itu berkembang menjadi tujuh ratus sepuluh jiwa.

Perkembangan yang sangat pesat ini di mungkinkan karena daerah ini memiliki tanah yang subur sehingga banyak pendatang yang akhirnya menetap di sana.

Saat itu Sumedang di pimpin oleh seorang bupati yang bernama Pangeran Aria Suria Atmaja yang punya kegemaran menangkap ikan di sungai dengan menggunakan jala atau biasa di sebut ngalintar.Ia biasa ngalintar di Leuwi Kiara yang merupakan aliran Sungai Cimanuk dan berdekatan dengan Rancakeong.

Ketika lelah ngalintar, Pangeran Aria kemudian beristirahat di kampung Rancakeong.Mengetahui ada Pangeran Aria yang sedang beristirahat, warga Racakeong pun menyuguhkan hidangan berupa karedok terong.

Sang pangeran merasakan kenikmatan luar biasa setelah mencicipi karedok tersebut.

Semoga bermanpaat ya tulisa ini.

0 Komentar