MANTAPP!! Makanan Khas Tasikmalaya Jawa Barat Ini Gak Boleh di-skip Ketika Kamu ke Sini!!

MANTAPP!! Makanan Khas Tasikmalaya Jawa Barat Ini Gak Boleh di-skip Ketika Kamu ke Sini!!
Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat (foto https://radartasik.disway.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mengunjungi Tasikmalaya, Jawa Barat tak lengkap tanpa menikmati hidangan di sana. Tentu saja, hidangan khas Sunda jadi identitas khasnya. Apa aja sih makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat ini?

Di kesempatan ini, mari kita bersama-sama menilik hidangan khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebagai salah satu kota di Indonesia, Tasikmalaya tentunya memiliki berbagai hidangan makanan khas yang lezat.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat yang bisa kamu coba :

  1. Nasi Cikur

(foto : https://makananoleholeh.com)

Baca Juga:Keunikan Pakaian Adat Jawa BaratMERAPAT! Ini Dia Tempat Wisata Islami – Cicalengka Dreamland Bandung

Nasi cikur ialah nasi yang dicampur dengan bumbu rempah yang paling menonjol adalah kencur atau dalam bahasa Sunda disebut cikur. Untuk memasaknya, bumbu cikur ditumis di atas wajan yang sudah dipanaskan.

Saat di hidangkan, nasi cikur khas Tasikmalaya tidak lagi berwarna putih melainkan berubah jadi kecoklatan. Biasanya, orang-orang menikmati nasi cikur dengan tahu, tempe, telor dadar, ayam goreng, dan sambal pedas. Tak lupa dengan irisan timun yang melengkapi hidangan.

Kencur yang menjadi bahan pokoknya juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Nasi Tutug Oncom

foto : (https://cookpad.com/)

Seperti namanya, nasi tutug oncom adalah perpaduan antara nasi dan oncom yang dicampur secara tumbuk. Agar rasanya semakin nikmat, nasi ini sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat.

Ketika kita mengunyah nasi ini, kita akan merasakan perpaduan rasa gurih, asin, dan kenyal. Selain itu, masyarakat lokal sering menambahkan sambal goang untuk memperkaya cita rasa. Sambal goang terdiri dari cabai rawit hijau yang di campur dengan sedikit garam dan rempah.

3. Kupat Tahu Tasikmalaya

foto : (https://radartasik.disway.id)

Kupat tahu adalah salah satu hidangan kuliner khas Tasikmalaya yang wajib di cicipi saat mengunjungi kota tersebut. Kupat tahu Tasikmalaya biasanya di jual oleh pedagang keliling. Rasa hidangan ini sedikit berbeda dari kupat tahu di daerah lain karena menggunakan bumbu khas Tasikmalaya. Meskipun tampilannya mungkin sama dengan kupat tahu dari daerah lain, namun rasanya sangat lezat dengan cita rasa khas masakan Sunda Tasikmalaya.

4. Opak

Bahan makanan ini menggunakan beras ketan seperti Kelotong. Tetapi, berbeda dengan Kelontong, makanan ini memiliki rasa yang gurih dan pastinya di proses dengan cara yang berbeda. Untuk membuat Opak, tepung tapioka di campur dengan garam dan gula sebagai bumbu rasa.

Baca Juga:Pesona Indah 4 Tempat Wisata di Cicalengka Ini Bikin Kamu Gak Mau PulangIni Dia Hotel Murah Sukabumi yang Bikin Nyaman! Booking Sekarang

Setelah semua bumbu tercampur rata, adonan Opak di bentuk menjadi lempengan-lempengan pipih berbentuk bulat seperti teplek. Adonan di biarkan hingga mengering. Setelah adonan kering, adonan tersebut kemudian dipanggang di atas tungku hingga mengembang dan berubah menjadi renyah.

Demikian informasi mengenai makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat. Sangat menggugah selera bukan? Jika berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk berwisata kuliner dan mencoba beberapa jenis makanan khas Tasikmalaya tersebut.  Selamat mencoba.

0 Komentar