Keindahan Masjid Agung Cirebon

masjid agung yang indah banget
masjid agung yang indah banget
0 Komentar

Setiap kali kita berjalan jalan ke Kota Cirebon sering kali kita melihat Masjid Agung yang sangat indah di lihat dan penuh pemandangan yang bisa memanjakan mata . banyaknya pohon dan arsitekturnya bisa memanjakan mata kita .

Keberadaan Masjid Agung Cirebon tidak terlepas dari sepak terjang Wali Songo. Penuh catatan sejarah tentang perkembangan Islam di Pulau Jawa, Masjid Agung Cirebon

Yuk simak ??

menjadi begitu istimewa. Tak heran bila kini menjadi salah satu destinasi wisata reiligi  yang tak pernah sepi pengunjung. 

Baca Juga:5 Trik Usaha Bakso Bakar3 Rental Mobil Di Tasikmalaya

Masjid Agung Cirebon menjadi satu di antara bangunan-bangunan bersejarah yang mewarnai Kota Cirebon.

Masjid yang juga di kenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini bukan

sekadar menjadi tempat ibadah harian bagi kaum muslimin, tapi juga menyimpan nilai-nilai sejarah yang masih melekat hingga kini.

Sebagai masjid yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di Cirebon, masjid ini tidak terlepas dari keberadaan Wali Songo, khususnya Sunan Gunung Jati.

Selain namanya yang beda dari nama masjid pada umumnya, Masjid Agung Cirebon berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon.

oleh karena itu, masjid ini juga disebut dengan nama Masjid Kasepuhan.

Posisinya menempati sebelah barat Alun-Alun Kasepuhan, tepatnya terletak di  Jl. Kasepuhan, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga:Wisata Parung Tasik MalayaTempat wisata di Situ Gunung

Kalau Anda berangkat dari arah terminal Harjamukti Cirebon di Jl. Ahmad Yani, Anda bisa melalui Jl. Raya Pantura. Belokkan kendaraan Anda menuju

Jl. Dukuh Semar, kira-kira 3,5 km lagi Anda akan tiba di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Untuk Anda yang memulai perjalanan dari arah Stasiun Cirebon di Jl. Stasiun No. 6, Kesenden, ambil arah utara mengarah ke Jl. Siliwangi. Setelah itu, Anda belok

ke kiri menuju Jl. Moh. Toha. Setelah melaju kira-kira sejauh 550 m, belok kanan ke Jl. Kapten Samadikun lalu ke Jl. Sisimangaraja.

Fasilitas Dan Aktivitas Masjid Agung Cirebon

Sebagai bagian dari Kasepuhan Cirebon, Masih Agung Cirebon termasuk sering dikunjungi oleh orang-orang yang hendak beribadah dan berwisata. Tentu saja tidak ada biaya tiket masuk jika Anda ingin masuk dan mengeksplorasi tiap sudut masjid yang satu ini.

Setiap hari, masjid ini selalu di kunjungi oleh mereka yang berasal dari luar Cirebon sekalipun. Ya, nilai histori yang menghiasi Masjid Agung Cirebon memantik rasa ingin

tahu yang cukup besar di sebagaian kalangan Muslim.

  • Sarana Ibadah
  • Tempat Wudhu
  • Kamar Mandi/WC
  • Sound System dan Multimedia
  • Kantor Sekretariat
  • Tempat Penitipan Sepatu/Sandal
  • Taman
  • Parkir

Arsitektur bercorak China dapat Anda lihat di beberapa bagian dinding masjid ini. Dinding tersebut berhias porselen asal China dengan bentuk piring warna merah dan biru yang di buat pada masa Dinasti Ming.

Di dalam ruang utama Masjid Agung Cirebon terdapat mihrab, mimbar, dan maksurah. Bagian atap mihrab memiliki rupa lengkungan dengan hiasan bermotif bunga matahari dan lidah api serta sulur-sulur yang disangga menggunakan tiang.

terimakasih

0 Komentar