Menikmati Suasana Ngabuburit di Setu Babakan Betawi Bikin Asyik

setu babakan/ seni budaya betawi
setu babakan/ seni budaya betawi
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jalan – jalan ke Jakarta belum cukup rasanya kalau belum mampir ke tempat wisata satu ini, yakni Setu Babakan.

Setu Babakan, merupakan sebuah danau buatan yang memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Dan di sekitarnya terdapat sebuah Perkampungan Kampung Betawi.

Alamat Setu Babakan

Lokasi Setu Babakan berada di kawasan Perkampungan Budaya Betawi, alamat lengkapnya di Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Baca Juga:Segini Harga Tiket Masuk Lembah Indah Malang, Terjangkau!Sejuk Pisann!! Ini Dia Rekomendasi Villa Bandung Ciwidey dekat Lokasi Wisata

Setu Babakan memiliki udara yang fresh dan segar dengan memiliki angin yang cukup kencang, sehingga seakan menjadi oasis di tengah panasnya udara di Jakarta.

Ada beberapa fasilitas dan daya tarik yang menarik di tempat ini, seperti;

Wahana Air

Di tempat ini bisa bermain wahana lain seperti bermain bebek-bebekan, perahu kayung, dan naik perahu naga.

Kemudian untuk mencoba wahana tersebut kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan berkisar Rp. 7500 hingga Rp. 10000,

Kolam Terapi Ikan

Untuk saat ini pengunjung yang ingin mencoba terapi ikan di batasi hanya untuk 7 orang dalam satu waktu, selain itu waktunya pun hanya 10 menit saja.

Memancing

Nah di sini kamu bisa melakukan kegiatan memancing beberapa ikan penghuni Setu Babakan seperti ikan nila, ikan mas, dan mujaer.

Makanan Khas Betawi

Di sekitar tempat ini kamu bisa menemukan beberapa kuliner seperti, kerak telor, soto betawi, gabus pucung, toge goreng, dan bir pletok.

Baca Juga:3 Villa Lembang Murah Bagus, Nyaman dan Terjangkau!Wah, Kerenn!! Ini Alun Alun Garut yang Instagramable, Pas Buat Ngabuburit

Untuk harganya sendiri ada di kisaran harga mulai dari Rp. 18.000 sampai rp. 35.000

Selain itu, di sekitar danau yang menyejukkan terdapat sebuah perkampungan budaya Betawi, di tempat terdapat beberapa wisata yang dapat kamu nikmati, di antaranya:

1. Wisata Budaya

Wisata budaya adalah wisata atau kunjungan yang menghadirkan kebudayaan dari Betawi. Di sini kamu dapat menyaksikan rumah-rumah adat Betawi yang masih kokoh berdiri. Selain itu kamu juga dapat menyaksikan:

  • Pagelaran musik, tari, dan teater tradisional di arena teater terbuka.
  • Pelatihan seni tari, seni musik, seni membatik, dan seni teater tradisional untuk anak-anak dan remaja.
  • Atraksi wisata dan prosesi budaya,
  • Latihan silat Betawi, dan lain-lain.

2. Wisata Agro

Selain wisata budaya, kamu juga dapat mengunjungi wisata agro yang bakal memberikan sensasi pertanian yang sangat khas. Di sekitarnya terdapat beberapa jenis pohon yang dapat kamu coba juga buahnya.

Beberapa di antaranya, Pohon mangga, Melinjo, Rambutan, Jambu, Kecapi, Jamblang, Krendang, Buni, Nangka, Cempedak, Nam-Nam, Jambu Mede, Alpukat, Kwini, Bacang, Jengkol, Pete, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

3. Atraksi

Selain rumah adat Betawi, kamu juga dapat menyaksikan masjid yang bernama Masjid Baitul Makmur. Di mana masjid tersebut memiliki arsitektur Betawi.

Ada juga Museum Betawi yang memberikan informasi lengkap mengenai suku asli dari Jakarta yang satu ini. Mulai dari alat musik, perabotan rumah tangga, alat kerja, alat transportasi, lukisan tokoh/budayawan Betawi, dan lain sebagainya.

0 Komentar