Cara Mendaftar DTKS Untuk Mendapatkan Bansos

DTKS
DTKS (Foto : kemensos.go.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cara Mendaftar DTKS Untuk Mendapatkan Bansos.

Bansos atau bantuan sosial merupakan pemberian bantuan yang di berikan pemerintah namun pemberian tersebut sifatnya tidak secara terus menerus dan juga selektif. Bantuan yang di berikan biasanya dalam bentuk uang maupun barang (sembako) yang di tujukan kepada masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan.

Setidaknya ada 7 bansos yang di salurkan pemerintah, seperti PKH, BPNT, BLT, PIP dan lain-lain. Sebelum mendapatkan bansos, calon penerima bansos pertama-tama harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online. Berikut ini adalah cara daftar bansos ecara online.

Cara Mendaftarkan Diri di DTKS

Untuk bisa mendapatkan bansos, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos secara online. Untuk mendaftar DTKS caranya cukup mudah, kamu hanya harus mempersiapkan KTP, KK, handphone serta jaringan internet yang lancar untuk bisa mendaftarkan diri.

Baca Juga:Rekomendasi Penginapan di Wonosobo yang Nyaman dan Bagus Cocok Untuk StaycationHotel yang Nyaman Dikunjungi Saat Sedang Transit di Purbalingga

Di lansir dari website resmi tenggulangbaru.id untuk kamu yang belum tercatat sebagai penerima bantuan sosial, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa di lakukan untuk mendaftar sebagai penerima bantuan sosial Ramadhan 2023.

  1. Unduh terlebih dahulu Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store.
  2.  Setelah itu, buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi.
  3. Masukkan data diri sesuai kolom yang diminta, berupa Nomor KK, NIK dan nama lengkap sesuai KK serta KTP.
  4. Setelah selesai maka lanjut unggah foto KTP dan swafoto yang tengah memegang KTP.
  5. Pastikan data diisi dengan benar, setelah sudah dipastikan maka lanjut klik “Buat Akun Baru”.
  6. Cek email verifikasi dan aktivasi masuk dari Kemensos.
  7. Setelah proses registrasi berhasil, akses kembali layanan menu di Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik menu “Daftar Usulan”.
  8. Masukkan kembali data diri sesuai petunjuk yang tertulis di kolom.
  9. Langkah selanjutnya tinggal pilih jenis bansos yang ingin didapatkan.

Setelah itu, Kemensos akan melakukan proses verifikasi dan validasi data pendaftaran yang diusulkan.

Bila kamu sudah melakukan pendaftaram, selanjutnya kamu bisa melakukan cek penerima secara berkala untuk memastikan apakah lolos menjadi KPM DTKS atau tidak.

Verifikasi penerima dapat di akses melalui menu pilihan di Aplikasi Cek Bansos, atau melalui tautan resmi cekbansos.kemensos.go.id yang dapat di akses secara online.

Demikianlah informasi mengenai cara mendapatkan bansos. Semoga bermanfaat.

0 Komentar