Efek ASN Terlibat dalam Pusaran Kasus Gratifikasi Sunjaya

0 Komentar

Keterlibatan ASN dalam perkara mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, berdampak pada merosotnya kepercayaan masyarakat terhadap ASN.

Kasus tindak pidana pencucian uang, gratifikasi, dan suap yang melibatkan banyak ASN di lingkup Pemerintahan Kabupaten Cirebon, menjadi preseden buruk terhadap image pemerintah daerah dan ASN. Pasalnya, banyak ASN terutama yang memiliki jabatan tinggi terlibat kasus mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

Tingkat kepercayaan masyarakat, terhadap ASN di Kabupaten Cirebon pun merosot bahkan mengalami degradasi. Akibatnya, banyak masyarakat yang menyoroti kinerja dinas-dinas karena pusaran kasus mantan Bupati Cirebon yang melibatkan banyak ASN.

Baca Juga:4 Raperda Diusulkan Dewan 3 Tol Di Brebes Akan Ditutup Bagi Kendaraan Ke Arah Jakarta

Masyarakat juga menyampaikan kekecewaannya terhadap ASN di Kabupaten Cirebon, yang menilai tidak murni bekerja untuk masyarakat. Terlebih dalam kasus Sunjaya banyak pejabat yang melakukan gratifikasi demi posisi.

Sementara, Abraham Muhammad ASN yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon, juga menyoroti degradasi kepercayaan masyarakat terhadap aparatur sipil negara.

Kepercayaan masyarakat yang semakin merosot, dianggap bisa menjadi bom waktu yang akan memberikan efek domino dan menimbulkan sikap apatis terhadap pemerintah.

0 Komentar