BHRD Lakukan Pemantauan Hilal di Pantai Baro

0 Komentar

Penentuan hari raya Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal sepertinya akan mengalami perbedaan. Muhammadiyah yang sudah menentukan lebaran pada tanggal 21 April 2023, namun pemerintah dan PBNU serta sejumlah ormas lainnya masih menanti penampakan bulan baru atau hilal lewat peneropongan langit, salah satunya digelar di pantai Baro Kabupaten Cirebon.

Badan Rukyatul Hilal Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon dan sejumlah lembaga seperti BMKG dan ormas, melaksanakan pantauan hilal di pantai Baro Gebang. Sebanyak 5 teleskop disiapkan dari berbagai lembaga hingga ormas untuk mengetahui penampakan hilal.

Cuaca yang sedang mendung, membuat hilal untuk penentuan 1 Syawal 1444 H atau lebaran 2023 tidak terlihat dari titik pemantauan. Setelah pengamatan selesai akan diumumkan dan digelar sidang isbath apakah 1 Syawal jatuh pada Jumat besok atau Sabtu 22 April mendatang.

Baca Juga:Bahaya Melihat Gerhana Matahari Tanpa Alat KhususArus Mudik H-2 Di Jalur Arteri Pantura Dipadati Pemudik Bermotor

Dari hasil pantauan posisi hilal selama 9 menit 23,85 detik, yang dimulai pukul 17.42 hingga pukul 17.51 ketinggian hilal masih 1,52 derajat. Sehingga dari pantauan hilal di pantai Baro Gebang tim tidak melihat hilal.

Sementara, masyarakat khususnya umat muslim diminta untuk tetap menghormati pelaksanaan Idul Fitri yang sudah digelar Jumat, maupun Sabtu mendatang.

0 Komentar