Novi Widiarti Ikuti Tradisi Pesta Laut 

0 Komentar

Novi Widiarti, salah satu tokoh yang akan maju menjadi calon legislatif DPRD Kabupaten Cirebon, mengikuti tradisi pesta laut. Tradisi tersebut dilakukan masyarakat nelayan sebagai rasa syukur atas hasil tangkapan laut dan berharap agar kedepan, hasil tangkapan bisa terus melimpah.

Tradisi pesta laut, menjadi salah satu hajat masyarakat nelayan, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas rejeki limpahan hasil tangkapan laut. Yang menjadi pencaharian, sehingga setiap tahunnya tradisi ini tetap dilestarikan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi yang sudah dilakukan turun temurun, tokoh perempuan ikut terlibat, dengan mengikuti tradisi dari awal hingga akhir. Salah satunya Novi Widiarti, yang kini menjadi bacaleg DPRD Kabupaten Cirebon yang akan maju dari Partai Nasdem di kontestasi pileg 2024.

Baca Juga:Satgas Pangan Kota Cirebon Cek PasarWaspadai Lonjakan Covid-19 

Dengan semangat dan antusias, Novi membaur bersama masyarakat nelayan dan juga pemerintah Desa Bungko, serta TNI, Polri menaiki perahu hingga ke tengah laut. Dalam pesta laut, perahu nelayan dihias dan membawa berbagai macam makanan dan juga hasil alam, serta nasi tumpeng, yang dimakan dan disedekahkan kepada masyarakat.

Dalam tradisi ini, ada pelarungan kepala kerbau. Kegiatan ini menjadi momen langka bagi Novi, dan berterima kasih kepada semua pihak yang memberi kesempatan ikut menyaksikan tradisi pesta laut.

Dalam tradisi pesta laut, dari awal prosesi doa hingga iringan puluhan perahu ke tengah laut, berjalan dengan lancar. Diharapkan tradisi ini bisa terus dilestarikan.

0 Komentar