Kota Cirebon Alami Inflasi Pada April 2023 Sebesar 0,37 Persen

0 Komentar

Pada bulan April 2023, BPS mencatat Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,37 persen. Hal itu di picu karena beberapa kebutuhan mengalami kenaikan di momen lebaran, salah satunya kenaikan harga daging ayam dan juga tarif angkutan umum yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi.

Badan Pusat Statistik Kota Cirebon mencatat, pada bulan April 2023, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,37 persen. Di tingkat provinsi inflasinya sebesar 0,40, dan secara nasional tingkat inflasi sebesar 0,33 persen.

Secara umum, pada bulan April perkembangan harga berbagai komoditas, menunjukkan adanya peningkatan. Hal itu bertepatan dengan momentum menjelang lebaran.

Baca Juga:Jalan Sekar Kemuning RusakSeni Tari Topeng Khas Indramayu

Beberapa kebutuhan yang memberikan penyumbang inflasi tertinggi pada bulan April diantaranya daging ayam ras sebesar 0,07 persen. Sementara hal lainnya adalah tarif angkutan umum, baik kereta api, angkutan bus antar kota, travel dan rental ada peningkatan tarif, untuk kebutuhan pulang kampung di masa mudik lebaran.

Sementara di awal bulan Mei ini, seperti pengakuan para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon. Barang kebutuhan penyumbang inflasi seperti daging ayam sudah mulai kembali mengalami penurunan harga.

0 Komentar