Uu Minta Bupati Perketat Proses Alih Fungsi Lahan Pertanian

0 Komentar

Wakil Gubernur Jawa Barat meminta Bupati untuk memperketat alih fungsi lahan. Pasalnya, lahan pertanian semakin tergerus oleh industri dan kebutuhan hunian masyarakat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, menyoroti semakin tergerusnya lahan pertanian di seluruh daerah termasuk Kabupaten Cirebon. Tidak sedikit lahan pertanian produktif yang saat ini beralih fungsi menjadi kawasan industri serta perumahan.

Uu meminta kepala daerah terutama Bupati, untuk memperketat proses alih fungsi lahan pertanian produktif. Bupati juga diminta untuk mengawasi pembangunan industri maupun developer perumahan, jika menggunakan lahan produktif.

Baca Juga:Kementan Dorong Peningkatan Produktivitas PanganWaspada Angin Kencang Di Malam Hari

Menurut Uu, lahan pertanian saat ini semakin menipis dengan pesatnya pembangunan industri, serta kebutuhan hunian masyarakat melalui perumahan. Namun, kebutuhan pangan tetap menjadi prioritas utama yang harus dipertahankan terutama ketersediaan lahan pertanian.

Sementara, Uu juga menjelaskan masih banyak lahan tidak produktif yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan perumahan maupun kawasan industri. Tanpa harus menggunakan lahan nomor satu dan lahan basah sebagai pembangunan untuk kepentingan perumahan maupun industri.

Dilain sisi, Wakil Gubernur Jawa Barat juga menegaskan tidak boleh ada alih fungsi lahan pertanian untuk industri dan perumahan. Karena akan menurunkan produktivitas pangan, sedangkan pangan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat.

0 Komentar