Rombongan Biksu yang Jalani Ritual Thudong Tiba di Cirebon

0 Komentar

Tiga puluh dua bhante yang melakukan ritual thudong berjalan kaki ribuan meter tiba di Cirebon. Para bhante diberikan servis layanan pijat oleh Laskar Macan Ali.

Tuga puluh dua bhante atau biksu Budha yang tengah melaksanakan rutial thudong, dengan berjalan kaki ribuan kilo meter dari Thailand ke Candi Borobudur tiba di Cirebon. Para biksu yang sudah berjalan kaki ribuan kilometer ini disambut ramah oleh masyarakat Cirebon.

Dari Thailand, para biksu ini berjalan hingga perbatasan Malaysia-Singapura, kemudian menyebrang dengan kapal laut, lalu berjalan kaki ke perbatasan Singapura Indonesia dan dilanjutkan berjalan kaki ke Batam. Cuaca ektsrem pun mengiringi perjalanan para biksu ini, dan diakui yang paling ekstrem adalah di Malaysia.

Baca Juga:Bhante Bermalam di Cirebon Sebelum Melanjutkan Ritual ThudongJalan Cangkring Masuk Prioritas Perbaikan

Setibanya di Cirebon, para biksu diberikan layanan pijat oleh Laskar Macan Ali yang memang mengawal iring-iringan biksu dalam melaksanakan ritual thudong. Bahkan menurut salah seorang bhante, saat ini tukang pijat lebih dibutuhkan dibandingkan dokter.

Tiga puluh dua biksu ini berasal dari lintas negara, yakni Thailand, Singapura, Malaysia dan biksu dari Indonesia. Rombongan bhante ini pun beristirahat di Cirebon, sebelum melanjutkan perjalanan panjang ke Borobudur.

Uniknya, ada bhante asal Cirebon yang melakukan perjalanan thudong ini. Yang menyebutkan pengawalan Laskar Ali yang bahkan memberikan layanan pijat untuk bhante sangatlah membantu.

0 Komentar