SBMI Harap Pekerja Migran Lebih Hati Hati

0 Komentar

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Cirebon menggelar peringatan Hari Buruh atau May Day tahun 2023. Dalam kegiatan itu, sbmi meminta agar buruh migran khususnya perempuan lebih berhati hati dan tak mudah tergiur dengan iming iming biaya murah dan cepat untuk bekerja keluar negeri.

Peringatan hari buruh atau mayday tahun 2023 diselenggarakan di aula Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini diikuti puluhan buruh migran yang pernah bekerja atau akan bekerja keluar negeri.

Ketua DPC SBMI Cirebon, Maman Nurahman mengatakan, setiap tahun, pihaknya senantiasa menggelar peringatan hari buruh, di mana tahun ini sudah tahun ke tiga peringatan. Meskipun sudah terlewat 1 Mei lalu, namun peringatan ini harus tetap digelar.

Baca Juga:Janji KSP Bangun Breakwater Tak Kunjung DirealisasiDLH Bersihkan TPS Setupatok

Dalam peringatan Hari Buruh ini dilakukan sosialisasi dengan menghadirkan narasumber khususnya yang memberikan informasi kaitan dengan kesetaraan gender. Kegiatan ini juga diisi sharing pengalaman kerja oleh salah satu TKW yang sudah bekerja 13 tahun di Saudi Arabia. Harapannya, para buruh migran itu memiliki pengetahuan dan tidak tergiur dengan tawaran menjadi buruh migran dengan harga murah dan cepat.

Sementara, beberapa permasalahan yang sering ditemui diantaranya penempatan yang tidak sesuai. Oleh karenanya, masyarakat harus cerdas dan jangan mau terimi-imingi oleh calo dengan proses cepat namun pada akhirnya bermasalah.

0 Komentar