Biar Pahit, Ternyata Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagus Buat Kesehatan, Simak Manfaatnya!

kopi hitam
kalori kopi hitam (The Indian Express)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi pecinta kopi hitam, mungkin sehari tidak minum akan terasa hampa.

Efeknya yang menyegarkan, membuat minuman yang satu ini jadi membuat candu pecintanya.

Apalagi, jika aktivitas padat, maka kopi hitam akan menjadi salah satu minuman yang paling di cari agar tetap berenergi.

Baca Juga:Liburanmu Jadi Tidak Monoton di Glamping Ciwidey Valley and Hot Spring Water ParkCantiknya Pesona Curug Cikaso Cibitung Bikin Pikiranmu Jadi Fresh

Pengolahan Kopi Hitam

Sebelum akhirnya bisa di minum secara praktis seperti sekarang ini, ternyata kopi hitam melewati proses yang cukup panjang.

Melansir dari nescafe.com, proses bermula dari penanaman di mana pohon kopi Arabika di tanam dengan ketinggian 1000-2000 mpdl dan Robusta cocok di tanah dengan ketinggian >800 mdpl.

Kondisi sekitar pun juga mempengaruhi seperti ketinggian, suhu, tanah, kelembapan dan sinar matahari.

Setelah waktunya panen, akan membentuk ceri kopi yang siap untuk di petik dan akan di kumpulkan untuk di kupas kulitnya dan di keringkan.

Proses pengupasan kulit di lakukan dengan wet method atau washed process yaitu dengan merendamnya di dalam air agar kulitnya terkelupas dan untuk menyortir.

Kemudian, di lakukan dry method yaitu dengan cara di jemur atau di keringkan di bawah sinar matahari selama 5-6 minggu.

Lalu, proses penggilingan pun berlangsung yaitu di sebut milling untuk memisahkan kulit dari biji kopi.

Baca Juga:Segera di Pilih! Daftar Mobil City Car Matic Terbaik, Biar Makin Gaya di JalananAgar Tidak Menyesal! Tips Memilih Warna Mobil City Car dan Pilihan Warna yang Terbaik Untukmu

Setelah proses selesai, maka di lakukan grading yaitu sortasi untuk memisahkan yang sesuai kriteria dan tidak.

Tahap terakhir, biji kopi sudah siap untuk di roasting dan kopi hitam pun bisa kamu nikmati.

Manfaat Kopi Hitam

Minuman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk penikmatnya. Namun, alangkah lebih baik jika mengonsumsinya tanpa menggunakan gula.

Sebab, manfaat yang akan di dapatkan, akan lebih terasa apabila mengonsumsinya tanpa tambahan gula. Berikut ini manfaat kopi hitam, seperti yang di lansir dari halodoc.

1. Dapat meningkatkan daya ingat

Ternyata, minuman ini bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat, loh sehingga faktor resiko penyakit seperti demensia, alzheimer dan parkinson dapat menurun.

2. Dapat membantu menurunkan berat badan dan aktivitas olahraga

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan,mungkin bisa mencoba minuman ini sebab dapat membantu meningkatkan ketahanan saat berolahraga lebih lama.

Kamu bisa meminumnya setengah jam sebelum berolahraga sehingga kamu pun akan merasa segar.

Kopi hitam pun juga dapat memecah lemak tubuh yang di simpan dan akan melepas sel lemak menuju aliran darah yang akan berfungsi untuk bahan bakar selama kamu berolahraga.

3. Bermanfaat untuk organ tubuh

Kopi hitam juga dapat membantu untuk mencegah hepatitis dan penyakit hati lainnya serta dapat membantu mengeluarkan racun dan bakteri melalui urin.

Meskipun menyimpan banyak manfaat, mengonsumsinya jangan berlebihan sebab dapat mengganggu jam tidur, sulit menyerap mineral dan juga di khawatirkan akan terlalu banyak melepas hormon stres.

0 Komentar