Sertifikat Vihara di Cirebon Sejak Tahun 97 Diambil Pemerintah

0 Komentar

Umat Budha di Cirebon berharap, sertifikat vihara yang ada di Cirebon bisa dikembalikan. Pasalnya sejak tahun 1997, sertifikat vihara diambil pemerintah.

Pada momentum Waisak kali ini, umat Budha merasa sangat istimewa dimana kehadiran bhikkhu thudong beberapa waktu lalu yang sempat singgah di Kota Cirebon. Serta menunjukan wajah asli bangsa Indonesia yang penuh keterbukaan, keramahan, toleransi, suka menolong.

Namun sementara ini masih ada hal yang mengganjal bagi umat Budha Cirebon. Vihara di Cirebon yang merupakan warisan budaya dan telah lama berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Seperti Vihara Dewi Welas Asih yang berdiri sejak 1595 atau Kelenteng Talang berdiri 1450.

Baca Juga:Kuliner Kopi Rempah & Olahan Kambing Ala Timur TengahKonsolidasi DPP RGP 2024 dan Harlah Ke-2

Namun beberapa sertifikat atas nama Yayasan Budha Metta telah diambil pemerintah sekitar tahun 97. Sertifikat Vihara Dewi Welas asih, Sertifikat Vihara Pemancar Keselamatan, Sertifikat Vihara Budi Asih, Sertifikat Kelenteng Talang, Sertifikat Mes Guru Talang.

Sementara berbagai upaya telah dilakukan, baik udiensi dan permohonan status tanah ke BPN Kota dan Kanwil Jabar dan lainnya. Namun sementara ini belum ada titik terang.

0 Komentar