Jangan Asal-asalan! Simak Cara Pasang TV Digital Di Sini!

Jangan Asal-asalan! Simak Cara Pasang TV Digital Di Sini!
Ilustrasi cara pasang tv digital/ foto: (Pixabay/Gadini)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Untuk mengaktifkan akselerasi digital dengan beralih ke TV digital menggunakan internet, penggunaan TV tradisional, atau TV analog, akan segera dihilangkan melalui kebijakan ASO, atau Analog Switch Off. Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara memasang TV digital yang baik dan benar.

Secara umum, ada beberapa perlengkapan atau komponen yang perlu disiapkan dan diperhatikan saat memasang antena TV digital.

Selain itu, Anda harus mengetahui beberapa saran untuk memilih Set Top Box (STB) yang layak atau standar untuk menghindari biaya di masa mendatang yang di sebabkan oleh kualitas di bawah standar atau komponen perangkat yang rusak.

Baca Juga:Punya Duit 100 Juta Bingung Mau Beli Mobil Apa? Nih 3 Mobil City Car Terbaik 100 JutaanBikin Geleng-geleng Kepala! Spesifikasi Nokia Edge 2020 yang Setara iPhone! Keren Bangettt

Komponen instalasi TV digital.

Mari kita periksa dulu beberapa peralatan terkait pemasangan sebelum mempelajari cara memasang TV digital dengan benar.

  • Unit STB atau Set Top Box
  • Kabel Antena (jika dipasang pada TV analog)
  • Adaptor yang biasanya sekaligus berfungsi sebagai charger
  • Kabel LAN, WLAN
  • Remote serta baterai
  • Kabel Audio-Video atau RCA
  • Buku petunjuk pemasangan
  • Kabel HDMI (Tergantung spesifikasi TV dan biasanya dijual terpisah)

Berikut cara memasang TV Digital :

Pastikan terlebih dahulu kondisi TV benar-benar dalam keadaan mati

mulai dari posisi kelistrikan, cara memasang televisi digital. Saat memasang peralatan listrik, seperti TV digital, posisi power off atau mati akan lebih aman.

Selain itu, ini menawarkan kesempatan untuk TV dan perangkat TV digital untuk berkoordinasi satu sama lain dan mendapatkan daya yang lebih besar saat di hidupkan.

Memasang antena TV

Terdapat antena TV yang di rancang untuk di pasang di dalam atau di luar rumah agar tetap dapat menerima transmisi TV digital secara efektif. Antena TV digital mudah di pasang. Pastikan STB dapat menyambungkan antena TV analog menggunakan versi DVB-T2.

Cabut kabel antena yang sering di sambungkan langsung ke TV analog, lalu sambungkan kembali ke bagian belakang atau belakang STB dengan kode ANT IN.

Sambungkan dengan kabel HDMI

Jika ada saluran TV yang menyediakan kemungkinan tampilan HD, kabel HDMI meningkatkan kejernihan dan dukungan gambar yang sedang di siarkan.

Hubungkan STB dan TV analog melalui kabel HDMI. Kabel AV dengan tiga ujung berwarna merah, putih, dan kuning dapat di sambungkan jika TV belum mendukung kemampuan HDMI.

Baca Juga:Auto Gak Burik Lagi Pake Nokia G60 5G! Price? Rp3 Jutaan Aja LohBingung Nyari Set Top Box TV Digital Terbaik? Ini 3 Pilihan STB yang Harus Kamu Punya!

Nyalakan STB dan TV

Pastikan adaptor di masukkan ke stopkontak dinding dan TV serta STB tersambung ke listrik utama. Setelah itu, coba nyalakan STB dan TV secara manual atau dengan remote.

Settingkan STB di TV

Masukkan opsi sumber TV terlebih dahulu sebelum menikmati saluran. Bergantung pada port HDMI yang Anda pasang, pilih AV jika Anda menggunakan kabel AV atau sumber HDMI jika Anda menggunakan kabel HDMI. Pilih mulai pencarian siaran saat menu STB muncul. Jika daftar saluran TV digital di tampilkan, pilih “simpan”.

Memilih Set Top Box, atau STB, untuk di gunakan dan di sambungkan ke TV di rumah tidak boleh sembarangan. Hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa kualitas perangkat STB itu sendiri harus di maksimalkan, tidak hanya kualitas gambar dan suara keluaran.

Belum lagi daya tahan gadget yang sebenarnya, yang merupakan faktor umur lainnya. Hindari memilih perangkat yang terlalu murah namun mudah rusak sehingga memaksa Anda untuk menggantinya secara rutin dan menimbulkan biaya tambahan untuk alokasi budget TV digital Anda.

0 Komentar