Apakah Pake Set Top Box Siaran TV Digital Perlu Antena? Yuk Simak Penjelasannya.

Foto: set top box siaran tv digital/ tecno.tempo
Foto: set top box siaran tv digital/ tecno.tempo
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-Apakah Pake Set Top Box Siaran TV Digital Perlu Antena? Yuk Simak Penjelasannya.

Apakah Set Top Box siaran tv digital membutuhkan antena? Pertanyaan ini sering muncul di fikiran masyarakat yang terkena dampak peralihan dari saluran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO).

Seperti di ketahui, warga di wilayah terdampak ASO hanya bisa menonton siaran digital saja.

Baca Juga:Mau Jadi Sultan Dalam Sekejap? Yuk Intip Deretan Mobil Mitsubhishi Yang Ada Sunroof, No 2 Mirip Pajero.Ini Nih Kecil-Kecil Cabe Rawit! Berikut 3 Jajaran Mobil Kecil Murah Dan Irit Yang Laris Terjual Di Indonesia.

Ada dua cara untuk menonton siaran TV digital, yaitu beralih ke TV serba digital dan menggunakan set-top box (STB) untuk TV analog.

Dengan STB, televisi analog yang bisa di gunakan oleh masyarakat dan dapat menampilkan siaran digital tanpa harus membeli televisi digital baru.

Sederhananya, Set top box berfungsi untuk menerima sinyal digital dari antena dan mengubahnya sehingga dapat di terima di televisi analog/tradisional.

Lalu apakah menggunakan set top box siaran tv digital masih perlu antena?

Nah untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita simak saja penjelasan berikut ini.

Apakah Set Top Box Masih Perlu Antena?

Sebelumnya, kalian harus mengetahui fungsi antara STB dan antena,

JikaSet-top box memerlukan spesifikasi Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2) untuk menampilkan siaran digital pada televisi analog.

Baca Juga:Geleng-Geleng Kepala Deh! Berikut 3 Android Hp Murah 500 Ribuan Yang Punya Kualitas Mumpuni. No 3 Mirip Iphone.Yang Tua Lebih Menggoda! 3 Mobil Tua Keren Yang Masih Di Sukai Kaum Milenial.

DVB-T2 menerima sinyal konten dari siaran televisi digital sehingga dapat di transmisikan oleh televisi analog konvensional.

Pada saat yang sama, antena berfungsi untuk menangkap sinyal frekuensi radio (RF) yang di pancarkan oleh pemancar televisi, yang kemudian di pancarkan ke sejumlah rangkaian pranala televisi.

Jadi jika Anda menggunakan TV digital, Anda tetap memerlukan antena standar UHF (Ultra High Frequency) untuk menangkap sinyal digital.

Untuk menonton siaran TV digital STB di TV analog, masyarakat dapat menggunakan antena yang sebelumnya, yaitu antena UHF indoor atau outdoor.

Oleh karena itu, masyarakat dapat menggunakan antena UHF yang sudah ada,

Dan tidak perlu mengganti antena untuk menonton siaran TV digital di TV analog dengan STB.

Antena UHF yang sering di gunakan untuk menonton siaran televisi analog masih bisa di gunakan untuk menangkap sinyal digital.

Namun jika ingin menonton siaran digital, kabel antena tidak di hubungkan langsung ke TV analog,

Melainkan harus di hubungkan terlebih dahulu ke sambungan “ANT IN” pada STB untuk mengubah sinyal.

Setelah itu, agar dapat bekerja secara optimal dalam menangkap sinyal digital.

Maka perlu di pastikan antena di tempatkan di tempat yang sesedikit mungkin terdapat penghalang seperti pohon, gedung, atau bangunan.

0 Komentar