Sini! Kepoin Media Tanam Rockwool Hidroponik, Ramah Lingkungan dan pH Alkaline Tinggi

Rocwool Hidroponik. Foto; paktanidigital
Rocwool Hidroponik. Foto; paktanidigital
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Melakukan budidaya tanaman dengan cara hidroponik sedang menjadi tren di Indonesia. Salah satu teknik yang ramah lingkungan adalah menggunakan teknik rockwool hidroponik.

Namun, perlu di ketahui bahwa agar bisa melakukan media tanam melalui hidroponik, ada beberapa kriteria tertentu agar tanaman bisa tumbuh subur dan baik.

Media atau tempat untuk hidroponik tentunya harus mempunyai beberapa kriteria yang baik, di antaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga:Tak Usah Khawatir! Mainan Mobil Kecil Murah Model Mitsubishi Pajero Sport Ini Cocok Di Beli!Tembus Ratusan Ribu-Juta! Harga Uang Kuno Kertas 100 Rupiah Kapal Pinisi, Bisa Beli 5-10 Motor?

  • Memiliki daya serap dan mampu menyimpan air yang cukup;
  • Strukturnya gembur;
  • Kadar salinitas (kadar garam) harus rendah;
  • Memiliki tingkat keasaman antara pH 6-7;
  • Tidak mengandung organisme yang dapat menimbulkan penyakit dan hama.

Rockwool Hidroponik

.Rockwool hidroponik merupakan salah satu media tanam yang berasal dari bebatuan. Batuan ini merupakan kombinasi dari batuan basalt, batu kapur dan batu bara yang di panaskan hingga suhu 1.600 oC hingga meleleh.  

Rockwool banyak di gunakan dalam budidaya secara hidroponik karena perbandingan komposisi antara air dan udara yang tersimpan di dalam media tanam ini lebih seimbang ketimbang dengan media tanam yang lain.

.Rockwool memiliki pH alkaline yang cenderung lebih tinggi yaitu sekitar 7.8 hingga 8.02, oleh karena itu dalam pengaplikasiannya.

Maka dari itu, dalam menggunakan media rockwool perlu di berikan perlakuan khusus sebelum di aplikasikan sebagai media tanam yaitu dengan cara membasahinya.

Setelah itu lakukan mentiriskannya hingga rockwool dalam kondisi tidak terlalulu lembab agar ph rockwool menjadi turun.

Rockwool juga cukup mudah di dapatkan dengan mudah di toko pertanian atau toko online.

Selain itu, Rockwool biasanya masih berbentuk blok berukuran panjang 7,5 cm x 15 cm x 100 cm, sehingga sebelum di gunakan harus di potong-potong terlebih dulu menjadi ukuran yang lebih kecil dengan ukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.

Baca Juga:Cuma Rp2 Jutaan! No Minus Infinix Note 12 Pro 5G RAM 8GB, Keep Segera!3 Rekomendasi Tempat Wisata Bandung yg Lagi Hits, Tau Gak Nih?

Keuntungan menggunakan media ini ialah, ia memiliki daya serap serta dapat menahan air dengan baik. Sehingga, tidak heran jika sering di gunakan dalam proses penyemaian benih tanaman.

0 Komentar