Cara Membuat Tanaman Hidroponik Untuk Pemula dan Sederhana

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/618b9dcdc382c/cara-menanam-hidroponik-untuk-pemula-mudah-dan-sederhana
https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/618b9dcdc382c/cara-menanam-hidroponik-untuk-pemula-mudah-dan-sederhana
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Budidaya tanaman secara hidroponik kini tengah banyak di gemari. Meskipun sudah banyak di kenal, namun belum semua orang paham cara menanam hidroponik. Padahal budidaya tanaman dengan sistem ini tidak sulit. Anda bahkan bisa menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah di jumpai.

Hidroponik sebenarnya banyak jenisnya. Namun tak semuanya mudah di praktikan untuk pemula. Sebab modal untuk membuat instalasi hidroponik tidak murah dan perawatan tanamannya juga harus di lakukan dengan serius.

Bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman dasar tentang ilmu pertanian, ada cara mudah untuk membuat hidroponik sederhana di rumah.

Yakni dengan menerapkan hidroponik sistem wick.

Baca Juga:5 Pupuk Hidroponik Terbaik Agar Tanaman Cepat Subur!6 Mobil Kecil Murah Meriah, Kira-Kira Apa Saja Yaa Pilihan nya!

Hidroponik Sistem Wick Wick System merupakan cara menanam hidroponik sederhana yang cocok untuk pemula. Dalam website pertanian.go.id, di jelaskan bahwa sistem hirdoponik ini di kenal sebagai sistem pasif. Sebab tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi di tarik ke media tanam dengan bantuan sumbu. Biasanya sumbu yang di gunakan berasal dari kain flanel atau bahan lain yang mudah menyerap air. Untuk menanam tanaman dengan sistem ini, Anda bisa menggunakan media tanam hidroponik seperti rockwool, perlite, bermiculite, kerikil, hydroton, arang sekam, dan cocopeat.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Menanam tanaman dengan menggunakan sistem wick sangatlah mudah. sehingga siapa saja bisa membuatnya. Bahan-bahan yang di gunakan juga banyak di jumpai. Sistem wick ini juga menjadi salah satu cara mengolah sampah plastik khususnya botol bekas air mineral.

Berikut ini cara membuat menanam hidroponik sistem wick.

1. Mempersiapkan alat dan bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak membuat hidroponik sederhana yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Wick system membutuhkan beberapa lat dan bahan seperti berikut ini: Botol air mineral bekas ukuran 600 ml. Gunting, pisau, atau cutter. Sumbu kompor, kain bekas, atau kain flanel yang di gunakan untuk mengalirkan nutrisi. Bibit tanaman. Media tanam rockwool. Nutrisi pupuk AB Mix. Air Paku

2. Membuat sistem wick

Cara menanam hidroponik selanjutnya yaitu dengan membuat sistem wick itu sendiri. Adapun caranya sebagai berikut.

Botol bekas air mineral 600 ml di potong menjadi dua bagian.

Pada bagian atau (di dekat leher botol) di lubangi dengan menggunakan paku yang telah di panaskan.

Di bagian tutup botol juga di lubangi dengan diameter menyesuaikan sumbu yang akan di gunakan di sistem hidroponik ini.

Masukkan sumbu ke lubang tutup botol.

Pasang bagian atas botol dengan arah terbaik.

Masukkan media tanam hidroponik di bagian atas botol dan isi bagian bawah botol dengan air.

Baca Juga:Isi Liburan Mu Untuk Bersenang-Senang Disini, Ini Dia 5 Tempat Wisata di Bandung Jawa BaratMudah Bangett! Ini Dia Budidaya Tanaman Menggunakan Teknik Hidroponik

Nantinya air yang ada di bawah botol akan terserap oleh sumbu kompor dan membasahi media tanam yang ada di atasnya.

3. Memilih benih hidroponik

Tahapan selanjutnya yaitu memilih benih hidroponik. Jenis tanaman yang biasanya di budidayakan dengan sistem hidroponik yaitu tanaman hortikulura. Beberapa tanaman tersebut antara lain sayur, buah, bunga, tanaman hias, tanaman obat-obatan, tanaman pertamanan, dan lain sebagainya.

0 Komentar