Petani Desa Gagasari Gelar Sedekah Bumi 

0 Komentar

Hasil produktivitas pertanian di Desa Gagasari, Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, melimpah dan tidak mengalami fuso. Hal itu membuat Pemdes Gagasari bersama seluruh masyarakat menggelar adat istiadat sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pemerintah Desa Gagasari Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, menggelar sedekah bumi yang dilakukan dengan mengarak hasil pertanian keliling kampung. Sedekah bumi ini diikuti seluruh masyarakat Desa Gagasari khususnya para petani sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kuwu Desa Gagasari, Tamam Haryanto mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini sebagai bagian tradisi yang sudah turun temurun dilaksanakan di desa yang dipimpinnya. Pihaknya tetap berupaya melestarikan warisan leluhur, melalui program pemberdayaan masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan sedekah bumi.

Baca Juga:5 Armada Pemadam Kebakaran Rusak Sekda Kota Cirebon Tinjau Kantor Damkar

Sedekah bumi ini tak lepas dari hasil panen para petani di tahun 2023 melimpah dan tidak mengalami kegagalan atau fuso. Acara sedekah bumi tersebut diantaranya karnaval arak arakan hasil bumi, selamatan, pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan di puncak acara akan di adakan pengajian umum.

Sement, luas lahan pertanian di Desa Gagasari yakni 70 hektar. Dari luas tersebut, sejauh ini tidak mengalami kendala yang berarti, khususnya terkait kebutuhan air bagi lahan pertanian warganya.

0 Komentar