Sudah Tahu Cara Pasang Set Top Box Antena UHF? Begini Caranya

Sudah Tahu Cara Pasang Set Top Box Antena UHF? Begini Caranya
Cara Pasang Set Top Box Antena UHF (Blibli.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sudah punya Set Top Box dan antena UHF, tapi bingung cara pasang keduanya?

Keduanya merupakan alat yang dapat membantu untuk menyiarkan siaran digital. Sebab, kini siaran analog sudah mulai di hentikan dan tayangan televisi sudah mulai beralih ke siaran digital.

Dengan bantuan alat tersebut, televisi biasa telah bisa berubah menjadi digital dan tayangan televisi bisa di nikmati dengan baik tanpa harus membeli sebuah televisi digital bahkan tanpa harus membeli antena baru.

Baca Juga:Apakah STB Android TV Bisa Digunakan Tanpa Internet? Bisa Loh TernyataHayu, Ajak Anak ke 5 Tempat Wisata Bandung Ini! Dari Playground Hingga Ice Skating, Lengkap!

Namun bagi yang baru ingin membeli Set Top Box atau STB, sebaiknya membeli yang sudah bersertifikat Kominfo. Adapun ciri yang menandakan STB telah bersertifikat Kominfo.

Cirinya yaitu ada hologram, ada tulisan “Siap Digital”, ada gambar maskot MODI dan ada tulisan DVB-T2. Contohnya yaitu Luby, Evinix, Polytron, Advan, Akari, Goldstat dan masih banyak lagi yang di lansir dari laman Kominfo.

Cara Pasang Set Top Box dan Antena UHF

Untuk memasang keduanya, sebenarnya mudah dan tidak perlu membutuhkan bantuan dari teknisi. Sebelum memasangnya, pastikan dahulu jika televisi telah berada dalam kondisi power off.

Kabel antena yang masih terpasang pada televisi, cabut terlebih dahulu. Lalu, sambung kabel antena menuju port ANT-IN pada STB, sambungkan juga kabel RCA ke STB, kabel HDMI dari STB menuju televisi dan kabel power dari STB menuju bagian stop kontak.

Jika telah terhubung, maka nyalakan STB ke televisi dan tekan tombol menu juga ganti mode ke HDMI/AV. Setelah itu akan muncul interface STB digital dan channel pun sudah bisa di pindai.

Perlu di perhatikan untuk memasang antena, cari lokasi yang bisa mendapatkan sinyal yang kuat. Konon, semakin tinggi posisi antena maka akan semakin baik untuk menangkap sinyal.

Kemudian, arahkan reseptor ke arah yang pada menangkan sinyal dengan baik. Jangan lupa untuk memberi penyangga yang kokoh seperti kayu ataupun besi serta menggunakan kabel dan konektor yang bagus.

0 Komentar