Khawatir dengan Keadaan mesin mobil second Kamu? Begini cara cek nya supaya tidak zonk!!!

Mesin Mobil Second / Sumber: Tokopedia
Mesin Mobil Second / Sumber: Tokopedia
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Khawatir dengan Keadaan mesin mobil second Kamu? Begini cara cek nya supaya tidak zonk!!! Sebelum membeli mobil bekas, kamu wajib banget tahu nih cara cek keadaan mesinnya!

Ketika kmau ingin membeli mobil bekas, kamu harus paham dengan keadaan mobil tersbeut, suoaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Nah untuk mengeceknya, kamu bisa mengajak ahli bengkel atau orang yang mengerti mesin mobil supaya hasilnya tidak zonk!

Baca Juga:Berikut Adalah Jenis Mobil Suzuki yang Rilis Tahun 2018 dan Masih jadi primadona sampai Sekarang!Sangat Mudah! Begini cara menghapus akun spotify di android tv!

Mobil bekas memang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan mobil tetapi punya dana terbatas.

Membeli mobil bekas bukan berarti harus menerima kendaraan dengan kondisi yang pas-pasan.

Karena, ada banyak mobil bekas yang sebenarnya di jual bukan karena bermasalah sehingga mesinnya masih ‘bandel’ dan tampilannya mulus.

Calon pembeli tentu bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang terjangkau dan kondisi yang prima asal mengetahui hal-hal yang perlu di periksa ketika membeli mobil bekas.

[ Bava juga: Harga Mobil Terbaru di Indonesia, Apa yang Perlu Anda Ketahui? ]

Berikut Cara Mengecek Mesin Mobil Second

Periksa Mesin Bagian Dalam

Hal yang paling pertama perlu di periksa ketika hendak membeli mobil bekas adalah periksa mesin dalamnya. Jika Anda melihat baut-baut mesin longgar dan sudah tidak mulus, bisa jadi ini ciri-ciri mobil pernah turun mesin.

Jika Anda menemukan kondisi yang kurang baik di bagian mesin dalam mobil, sebaiknya pertimbangkan kembali keinginan membeli mobil tersebut daripada Anda harus mengeluarkan kocek berlebih di kemudian hari untuk merawat mesin mobil tersebut.

Cek Bagian Bawah Mobil

Baca Juga:Harus Percaya! Ada hp murah dibawah 1 juta kamera bagus, Mantul!!Rekomendasi mobil terbaru dan murah juli 2023!

Setelah memeriksa mesin bagian dalam, coba cek bagian bawah mobil. Terkadang, penjual berusaha memoles seluruh badan mobil agar kinclong, tapi ternyata kurang merawat bagian bawah mobil.

Jika yang Anda temukan hanya berupa bintik minyak atau kotoran jalanan, itu masih hal yang wajar. Namun, jika ada cairan yang menetes dan meninggalkan bekas di lantai atau jalan, bisa jadi ada kerusakan pada mobil tersebut.

Cek Oli

Mobil dengan kebocoran oli yang banyak umumnya memiliki masalah atau kerusakan di komponen internal mesin. Maka dari itu, coba cek apakah ada kebocoran oli atau tidak.

Caranya, buka kap mesin mobil lalu buka lubang oli dan periksalah.

Coba Nyalakan mesinTentunya untuk menguji mesin mobil bekas, Anda perlu menyalakan mesin secara keseluruhan dan diamkan selama beberapa saat. Jika mobil langsung menyala, berarti pertanda baik.

Sebaliknya, jika sudah di nyalakan beberapa kali tapi ada kendala seperti lama menyala, bisa jadi ada masalah pada sistem perapian.

Test driveJika semua cara sudah dilakukan, jangan lupa untuk test drive alias kemudikan dalam jarak dekat dan jauh. Hal ini untuk melihat seperti apa performa mesin mobil usai digunakan berkendara.

Coba periksa suspensinya, jalannya mesin, dan komponen lainnya apakah berjalan baik atau tidak.

0 Komentar