Sinyal Set Top Box Lemah Jangan Langsung Ganti STB, Ketahui Cara Praktis Ini!

sinyal set top box lemah
sinyal set top box lemah / Fox MC
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kemungkinan besar, selain akses tv yang tak semua masuk, kendala nonton tv adalah karena sinyal set top box lemah.

Sinyal set top box lemah, ternyata ada penyebabnya dan sangat mudah untuk di antisipasi.

Tapi jangan khawatir karena ada cara termudah untuk mengatasi hal tersebut tanpa harus mengganti stb ke yang baru.

Baca Juga:Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antenna Parabola? Bisa, Pakai STB Combo Aja!Kelebihan dan Kekurangan Set Top Box Matrix Apple, Laris dan Tahan Panas!

Nih, informasinya buat kamu yang ingin mengatasi hal tersebut dengan cara yang praktis.

Cara Atasi Sinyal Set Top Box Lemah

Ada beberapa cara untuk mengatasi decoder yang sulit. Cara ini bisa di terapkan pada Set Top Box (STB) Anda karena cukup sederhana.

STB kini banyak di gunakan oleh masyarakat umum sejak di perkenalkannya analog off (ASO) atau penyiaran televisi analog injeksi. Peralatan ini melengkapi TV yang belum siap menangani siaran digital. 

Pemindaian yang di lakukan di STB tidak dapat menemukan saluran TV apa pun. Layar menjadi hitam atau biru yang menunjukkan tidak ada siaran. Beberapa kendala kenapa channel tak muncul.

Penyebab masalah hilangnya sinyal ini bisa ditemukan dari berbagai sisi. Termasuk yang berikut ini:

  1. Setting-top box ke TV analog salah Set-top box ke TV analog dapat dihubungkan ke TV analog menggunakan kabel RCA atau HDMI. Terkadang pengaturan yang salah menyebabkan menu STB tidak muncul di layar TV. Mungkin juga masalahnya disebabkan oleh stopkontak yang longgar atau kabel yang rusak.
  2. Sinyal tidak menjangkau tempat tertentu. Beberapa lokasi di Indonesia telah menjangkau sinyal TV digital. Alasannya beragam, seperti jauh dari pemancar atau memiliki rintangan tinggi seperti bangunan atau gunung yang menghalangi sinyal untuk lewat. Jika dekoder, TV, dan antena terpasang dengan benar tetapi tidak ada sinyal, periksa secara online.  

Cara memasang STB ke perangkat TV

  • Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital
  • Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan
  • Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital
  • Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Selanjutnya, pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Kemudian untuk mengembalikan sinyal yang hilang atau susah, anda bisa menggunakan cara di bawah ini untuk selengkapnya.

  • Periksa port dan bersihkan kotoran di dalamnya dengan kain mikrofiber kering atau bantalan telinga.
  • Pastikan ujung kedua konektor HDMI dalam kondisi baik, tidak bengkok atau rusak.
  • Pilih konektor dengan ujung berlapis emas, seperti kabel Belkin Ultra HD HDMI. Spesifikasi ini juga mendukung 4K dan audio bitrate tinggi.
  • Jika Anda menemukan kabel yang rusak, segera ganti. Pastikan kabel HDMI atau RCA perangkat tersambung dengan aman ke port di TV dan dekoder.
  • Anda kemudian dapat menekan tombol “Source” pada remote TV dan memilih opsi HDMI jika Anda menyambungkan dekoder ke TV dengan kabel HDMI. 

Jika cara tadi berhasil, otomatis siaran channel akan kembali ke kondisi semula

0 Komentar