Ampuh Kembalikan Sinyal Set Top Box Hilang! Bukan Karena STB Saja Penyebabnya

Sinyal set top box hilang
Sinyal set top box hilang / parabola depok
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sangat menjengkelkan ketika hendak menonton channel favorit malah sinyal set top box hilang dan tak bisa di setting.

Ada banyak alasan kenapa sinyal set top box hilang dan akhirnya malah berdampak ke kenyamanan menonton siaran tv digital.

Tapi jangan khawatir, asal kamu ketahui penyebab dan cara menanganinya, tentu sangat mudah untuk mengembalikan channel favoritmu.

Baca Juga:Sinyal Set Top Box Lemah Jangan Langsung Ganti STB, Ketahui Cara Praktis Ini!Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antenna Parabola? Bisa, Pakai STB Combo Aja!

Sebagaimana yang kita ketahui, set top box saat ini menjadi satu barang yang sangat penting ketika hendak menonton televisi.

Pasalnya, pemenrintah sudah melakukan suntik mati total untuk televisi yang tidak menggunakan set top box atau stb.

Imbasnya, orang orang atau masyarakat yang tidak menggunakan stb, jelas tidak akan bisa menikmati siaran televisi selayaknya biasanya.

Penyebab dan Cara Menangani Sinyal STB Hilang

Ada beberapa alasan mengapa sinyal stb bisa hilang begitu saja sehingga membuat semua chanel yang sudah pun ikut hilang.

Pertama, bisa jadi karena faktor kabel sambungan antara antena ke stb itu mengalami kerusakan dari dalam.

Misalkan, usang atau lapuk yang sudah lama di pakai, sehingga menyebabkan arus di dalamnya tak bisa menghantarkan sinyal secara maksimal.

Kedua, bisa jadi karena tv yang tidak compact dengan stb atau sebaliknya, stb yang tak sesuai dengan karakter televisinya.

Baca Juga:Kelebihan dan Kekurangan Set Top Box Matrix Apple, Laris dan Tahan Panas!Jangan Khawatir! Nih, Kumpulan Kode Remot TV Polytron Android TV, Cuma 3 Digit Gampang Settingnya!

Ketiga, bisa juga dari antena yang terpasang, entah karena terlalu rendah memasangnya sehingga perlu ditinggikan atau bagaimana.

Alasan – alasan tersebut dapat variatif terjadi di siapa saja, namun yang pasti ada cara mudah untuk mengatasi itu semua.

1. Periksa komponen kabel stb

Hal penting pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengirim ulang siaran Anda adalah memeriksa terlebih dahulu komponen kabel dan koneksinya.

STB adalah unit penting untuk saling mempengaruhi secara efektif. Jadi, jika koneksi terputus, siaran otomatis tidak bisa terhubung.

Cek dulu sambungan kabel dari STB ke antena dan sebaliknya. Jika benar-benar putus bisa di ganti dengan kabel baru, walaupun baru putus bisa langsung di sambung kembali.

2. Ubah posisi antena

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah melihat letak antena. Jika ini disebabkan oleh orientasi antena yang salah, ubah posisi terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan siaran yang bagus dan jelas, Anda benar-benar harus mengarahkan antena itu ke arah yang benar. Lokasi antena yang tepat juga tidak dapat di temukan dengan segera, tetapi ada beberapa percobaan sampai Anda menemukannya.

3. Setel ulang channel

Perangkat STB memiliki pengaturan yang berbeda. Sebelum digunakan, sebaiknya baca terlebih dahulu buku panduan pengguna yang tersedia untuk memastikan pengaturannya sudah benar. Ingat, Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan sertifikasi STB sebagai acuan saat masyarakat membeli perangkat.

Jika cara sebelumnya gagal mengirim ulang siaran yang hilang, Anda bisa mencoba mencari siaran lagi. 

Harusnya, cara – cara di atas sudah dapat mengatasi kendala yang Anda alami soal sinyal yang hilang karena stb. Semoga membantu.

0 Komentar