Serunya Ibu-Ibu Berebut Gunungan Hasil Bumi

0 Komentar

Ribuan warga di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, turun ke jalan mengikuti kirab gunungan hasil bumi yang diarak keliling kampung. Acara berlangsung semarak, disaat ratusan ibu-ibu berebut gunungan hasil bumi, sebagai bentuk mengalap berkah.

Ribuan warga di Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, turun ke jalan untuk menyaksikan kirab gunungan hasil pertanian, atau masyarakat mengenalnya dengan istilah sedekah bumi, yang digelar setiap bulan Muharam atau istilah jawa, bulan Suro.

Sebelum diarak, gunungan hasil bumi didoakan oleh sesepuh desa, yang juga melakukan adzan. Hasil bumi kemudian diarak keliling kampung, dari lapangan sepak bola desa setempat, dengan diiringi berbagai kesenian, seperti burok, drumband pelajar, serta atraksi jaran lumping.

Baca Juga:Sandiaga Uno Lari Keliling CirebonSandiaga Uno Di Serbu Emak Emak

Sesampainya di balai desa, rombongan pembawa gunungab hasil bumi, disambut pejabat desa, tamu undangan, termasuk anggota DPRD Brebes, Opy Ropiyah, yang turut hadir, di acara sedekah bumi.

Sontak ratusan ibu-ibu, langsung merangsek masuk ke aula balai desa, untuk berebut hasil bumi, yang dianggap dapat memperoleh keberkahan.

Kades Grinting Suhartono menuturkan, tradisi sedekah bumi sudah ada sejak puluhan tahun silam, secara turun menurun sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil panen hasil pertanian yang melimpah.

Sementara pengurus DPP Partai Demokrat Marta Yandry Rachman yang turut hadir menuturkan, bahwa dengan digelarnya tradisi sedekah bumi, menujukan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya lokal, yang melahirkan masyarakat Indonesia selalu menjaga silahturahmi dan gotong royong.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes Opy Ropiyah, menyambut baik sedekah bumi yang digelar. Hal tersebut menujunkan masyarakat tidak pernah lupa, bahwa rezeki atas panen hasil pertanian adalah dari Allah SWT.

Opy juga menyebut, bahwa masyarakat di Desa Grinting maupun warga di Kabupaten Brebes secara keseluruhan, masih terus mempertahankan tradisi leluhur dan budaya lokal, ditengah era moderenisasi.

Diharapkan, hasil pertanian para petani di Kabupaten Brebes ke depannya, selalu memperoleh hasil baik, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar

0 Komentar