Masih Banyak Masyarakat Awam yang Bertanya Apakah Parabola Bisa Pakai Set Top Box? Ternyata Jawabannya Ada Di sini Simak Penjelasannya!

Kikuk Parabola/Instagram.com/@kikuk_parabola
Kikuk Parabola/Instagram.com/@kikuk_parabola
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Siaran tv digital ini sebetulnya sudah ada pada tahun 1990-an. Sistem TV digital banyak ini sudah banyak di terapkan di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Selain itu juga banyak masyarakat yang menggunakan parabola. Bagi kamu yang bertanya apakah parabola bisa pakai set top box, berikut ini beberapa penjelasannya.

Sudah banyak masyarakat yang memakai parabola untuk menayangkan beragam konten dengan tampilan berkualitas. Baik itu antena atau parabola akan menangkap sinyal tersebut dan menampilkannya. Perlu kamu ketahui antara antena dan parabola yaitu sinyal yang di gunakan.

Jika antena menggunakan sinyal darat (terrestrial), sedangkan parabola menggunakan sinyal langit (satelit). Apabila format tayangan adalah digital, maka kita bisa katakan sinyal darat sebagai DVB-T2 dan sinyal langit sebagai DVB-S2. Lalu mengenai siaran TV digital lokal, maka sinyal yang di gunakan adalah DVB-T2.

Baca Juga:Performanya Enggak Main-Main Harganya Tetap Ramah di Kantong, Berikut Ini Hp Infinix Hot 12 Play NFC Sudah Ada Fitur Cek Saldo E-Money Anti RibetYang Mental Ciut Enggak Usah Ikut, Ini Dia Wahana Ekstrem Arung Jeram Berikut Daftar Harga Tiket Arung Jeram Pangalengan Bandung Wajib Kamu Kunjungi

Nah, jika begitu parabola tidak bisa menonton siaran digital. Namun jika patokannya adalah jenis sinyal, maka jawabannya adalah tidak bisa. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena parabola tetap dapat menonton siaran TV digital dengan dua cara.

Receiver Parabola Tangkap Siaran Digital

Unuk penggunaan paraboa ini ada alat yang disebut receiver parabola. Walaupun mirip dengan set top box, namun kedua alat ini tentu berbeda. Dengan receiver, sinyal DVB-S2 yang di tangkap oleh parabola agar bisa ditampilkan di TV.

Cara supaya kamu bisa tetap menonton  siaran TV digital tanpa melepaskan parabola yaitu, menambahkan antena dan hubungkan dengan port antena yang ada pada receiver. Perlu kamu perhatikan sebelum membeli antena, harus adanya port antena pada receiver parabolamu.

Set Top Box Combo

Cara berikutnya yaitu untuk receiver parabola yang tidak memiliki antena UHF. Kamu bisa dengan menggunakan set top box combo. STB memang berfungsi untuk menerjemahkan sinyal digital dan menampilkannya pada TV analog.

Lalu perbedaan untuk stb biasa dan stb combo yaitu, STB biasa sudah pasti memiliki port antena UHF, sedangkan STB combo menambahkan satu buah port lagi, yakni port parabola. Hal ini dapat di artikan STB combo mampu menangkap sinyal DVB-T2 dan juga DVB-S2.

Pada umumnya kamu hanya perlu mengalihkan penggunaan sinyal melalui pengaturan di televisi. Tetapi berbeda dengan STB combo di bekali fitur dimana saluran dari kedua sinyal dapat di jadikan satu.

Nah, itu tadi bagi kamu yang bertanya-tanya apakah parabola bisa pakai set top box? Jawabannya tentu bisa dengan stb combo.

***

0 Komentar